Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAPAL PERPUSTAKAAN : BNI & BRI ikut danai

JAKARTA : PT Bank Negara Indonesia Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk masing-masing menyalurkan dana bantuan Rp3 miliar untuk membangun dua unit kapal pintar seberat 5 ton dengan panjang 15 meter.Direktur Utama Bank Negara Indonesia (BNI) Gatot M.

JAKARTA : PT Bank Negara Indonesia Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk masing-masing menyalurkan dana bantuan Rp3 miliar untuk membangun dua unit kapal pintar seberat 5 ton dengan panjang 15 meter.Direktur Utama Bank Negara Indonesia (BNI) Gatot M. Suwondo mengungkapkan kapal yang dirancang sebagai perpustakaan bergerak tersebut akan siap dioperasikan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) pada minggu ketiga Desember 2012.Kapal ini dilengkapi buku dan alat peraga setingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas, juga buku pengetahuan umum.

"Juga disediakan komputer, termasuk koneksi internet serta alat instruksi dan penolong instruksi multimedia," terangnya, Senin (10/09).Kapal pintar merupakan hasil rancanangan dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AL dan Dinas Material TNI AL.Sementara kapal dibangun di galangan PT Palindo Marine di Pulau Batam. Palindo Marine merupakan galangan kapal nasional yang berpengalaman membangun kapal cepat rudal berukuran 40 m.Gatot melanjutkan kapal pintar secara berkala akan mengunjungi desa-desa terpencil melalui koordinasi dengan instansi dan dinas terkait seperti pemerintah daerah, kepolisian, dinas pendidikan, dan dinas kesehatan.Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengungkapkan kapal pintar merupakan bagian dari program Indonesia Pintar.Program tersebut telah menjangkau wilayah-wilayah terpencil yang tak terjangkau melalui Mobil Pintar, Motor Pintar, Kapal Pintar, Rumah Pintar.Dalam kapal pintar ada empat sentra fasilitas, sentra buku, sentra komputer, sentra alat permainan edukatif, serta sentra audio visual dan panggung."Kapal pintar juga mengusung pendekatan multiple intelligens dengan motede joful integrated learning," jelasnya. (ra) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper