Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

Ekspor Kopi Arabaika Aceh

Periode

Volume

Nilai

Semester I/2011

5.499 ton

US$34,969 juta

Semester I/2012

3.337 ton

US$23,975 juta

 

 

BANDA ACEH: Realisasi volume dan nilai ekspor kopi arabika asal Provinsi Aceh merosot tajam selama semester I/2012 akibat menurunnya hasil produksi kopi di Aceh Tengah dan Bener Meriah.

 

Data Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Aceh menunjukkan selama Januari hingga Juni 2012, Aceh hanya mengekspor 3.337 ton kopi atau senilai US$23,975 juta. Realisasi volume ekspor itu turun 39% dibandingkan dengan pencapaian pada semester I/2012 yang mencapai 5.499 ton dengan nilai ekspor US$34,969 juta.

 

Realisasi ekspor kopi pada semester lalu dipengaruhi oleh menurunnya hasil produksi di Aceh Tengah dan Bener Meriah yang merupakan sentra penghasil kopi arabika. Akibatnya musim panen kali ini kurang memberikan gairan bagi petani.

 

Akhir bulan Mei sampai dengan Juni sudah habis masa panennya. Selain itu, harga kopi Aceh di pasar dunia juga tergolong tinggi dibandingkan dengan harga kopi dari negara lain, juga ikut mempengaruhi permintaan ekspor.

 

Kopi Aceh diekspor melalui pelabuhan Belawan, Sumatera Utara ke berbagai negara di Asia, Eropa, Amerika, dan Australia. Nurdin memperkirakan pada semester II/2012, ekspor kopi akan kembali bergairah, seiring dengan masuknya musim panen raya pada beberapa bulan mendatang. (k33/sut)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : JIBI

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper