Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRANSAKSI EMAS di Medan naik 15%

MEDAN: Masyarakat di Medan memburu emas batangan menyusul melemahnya nilai rupiah terhadap dolar Amerika Serikat beberapa minggu terakhir.Pengamatan Bisnis di sejumah tokok emas di Medan menunjukkan tren peningkatan pembelian emas batangan untuk dijadikan

MEDAN: Masyarakat di Medan memburu emas batangan menyusul melemahnya nilai rupiah terhadap dolar Amerika Serikat beberapa minggu terakhir.Pengamatan Bisnis di sejumah tokok emas di Medan menunjukkan tren peningkatan pembelian emas batangan untuk dijadikan investasi jangka panjang.Banyak pemilik dolar Amerika menukarkan uangnya menjadi rupiah dan membeli emas batangan sebagai simpanan jangka panjang.K. Ginting, seorang pedagang emas di Pringgan Medan, membenarkan peningkatan penjualan emas batangan logam mulia 99,99 karat antara 10%-15% beberapa minggu terakhir.Walaupun harga emas diprediksi akan melanjutkan tren peningkatan harga, tampaknya warga lebih nyaman membeli emas dibandingkan dengan dolar AS.

 

“Dolar kan sudah lama stabil di kisaran Rp9.000 per rupiah. Jadi dengan melemahnya dolar, banyak yang jual untuk mengambil keuntungan. Lalu mengalihkan ke investasi emas,” ujarnya menjawab Bisnis di Medan, Senin 4 Juni 2012.Di pasar internasional harga emas akhir pekan lalu yang berhasil menembus level US$1.600 dolar AS per troy ounce, dan bahkan mencapai US$1.630 per troy ounce didorong oleh melemahnya nilai tukar dolar AS."Pelemahan yang terjadi pada dolar AS mendongkrak kembali harga emas," kata Tarigam.Emas untuk pengiriman Agustus menanjak US$57,90 per troy ounce atau 3,7% menjadi US$1.622,10 per troy ounce di Comex, divisi dari New York Mercantile Exchange. (arh)

 

 

BERITA LAINNYA:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper