Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENGABDIAN MASYARAKAT: IPB gelar Jumat keliling

 
Inria Zulfikar
Inria Zulfikar - Bisnis.com 25 Mei 2012  |  20:19 WIB

 

 

BOGOR: Institut Pertanian Bogor (IPB) sampai saat ini masih terus mengupayakan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat terutama untuk desa-desa di sekitar lingkar kampus IPB lewat Program Jumat Keliling (Jumling) 

 

“Beberapa kegiatan sudah dapat berjalan dengan baik, tetapi beberapa program masih banyak tantangan, maka dari itu kita perlu bersinergi dan meningkatkan komunikasi antara pemangku kepentingan,” kata Wakil LPPM IPB Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Ir. Prastowo hari ini, Jumat, 26 Mei 2012.

 

Program dan kegiatan Jumling IPB dan masyarakat Desa Dramaga sudah mulai terealisasi, diantaranya adalah  pembinaan petani ikan Nugraha dan juga pembinaan pengolahan manisan pala.

 

 

Program Jumat Keliling (Jumling) yang selalu di gelar oleh IPB bersama warga di lingkar kampus masih banyak tantangan yang dihadapi ke depan. Salah satunya sebagaimana yang dihadapi oleh masyarakat di Desa Dramaga, masih banyak tantangan dan permasalahan yang harus dipecahkan bersama-sama.

 

Sebagaimana terungkap pada jumling tahun keempat di Aula Kantor desa Dramaga, Jumat ini  yang dihadiri Kepala Desa Dramaga, Yayat Supriyatna, Wakil LPPM IPB Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Ir. Prastowo, Kasie Ekonomi Kecamatan Dramaga, Herlan, sejumlah dosen dan IPB, serta Kelompok Tani Nugraha.

 

 

Menurut dia ada dua program yang akan diterapkan di Desa Dramaga tahun 2012 ini, yaitu membantu kelompok tani ikan, khususnya kelompok Tani Nugraha dalam persoalan pakan, dan kedua adalah mendirikan packaging house untuk pengrajin manisan buah pala.

 

Ada Peningkatan

Sementara itu saat diskusi berlangsung salah seorang pengrajin manisan buah pala, Hafsah menuturkan, bahwa setelah diberdayakan oleh LPPM IPB, usahanya mulai terlihat ada peningkatan yang cukup berarti. Awalnya hanya memproduksi 2 kwintal manisan buah pala, kini dia sudah dapat memproduksi 5 kwintal per minggu. 

 

“Alhamdulillah berkah, dengan adanya pemberdayaan dari IPB, usaha saya ada peningkatan, pasarnya juga tidak hanya di Bogor, tapi sudah masuk ke Bandung. Ini karena kemasannya sudah baik,” ujar Hafsah di depan pejabat IPB dan masyarakat.  Dalam jumling kali ini, IPB memberikan santunan kepada 20 orang anak yatim, dan seperangkat jaring apung kepada Kelompok Tani Nugraha.(msb)

 

BACA JUGA:

FORMULA 1—Latihan 1 & 2 Belum Kuak Kekuatan Pebalap

Terkoreksi Lagi, IHSG Turun Di Bawah 3.900

Buyback Antam Turun Rp500/Gram, Harga Jual Stagnan Rp491.300—Rp530.500

Iran Mbulet Soal Nuklir, Minyak Kembali Ke Atas US$90

Kinerja Emiten Membaik, Stoxx Europe 600 Rebound

 

READ ALSO:

 Indonesia Stocks Slump 92.23 Points In Midday Break Session

PERTAMINA EP’s Output Reaches 130,000 Barrel

MARKET MOVING: Indonesian Export Continues To Weaken

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Herry Suhendra

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top