Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAWASAN CASABLANCA: Makin berkembang pesat

JAKARTA: Jalan Prof. Dr. Satrio di Jakarta Selatan atau lebih dikenal dengan kawasan Casablanca dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang cukup pesat dan menjadi perpanjangan bagi sentra bisnis Sudirman.Setiap harinya, ribuan orang berdatangan

JAKARTA: Jalan Prof. Dr. Satrio di Jakarta Selatan atau lebih dikenal dengan kawasan Casablanca dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang cukup pesat dan menjadi perpanjangan bagi sentra bisnis Sudirman.Setiap harinya, ribuan orang berdatangan ke area tersebut untuk berbagai kegiatan seperti bekerja maupun berbelanja.Kemacetan panjang sudah menjadi hal yang sangat biasa di Casablanca, apalagi dengan adanya konstruksi jalan layang ruas Kampung Melayu-Tanah Abang yang tak kunjung selesai.Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), mengatakan kemacetan yang berlarut-larut di Casablanca diakibatkan oleh kesalahan tata ruang perkotaan yang tidak memperhitungkan kapasitas jalan dengan beban kendaraan yang lalu lalang di sepanjang jalan itu.Keberadaan jalan layang, menurutnya, memang akan mengurangi kemacetan yang ada tetapi tidak cukup signifikan. Pembangunan superblok, yang mencakup hunian, di sana seharusnya dapat turut andil untuk mengurangi jumlah kendaraan yang melintas.Namun masalahnya, selama ini hunian vertikal yang terangkum dalam superblok di  Casablanca itu lebih menyasar ke segmen atas, bukan menengah yang banyak berisi pekerja."Akibatnya, kemacetan terus terjadi karena para pekerja tiap harinya harus berkendara ke kantornya atau istilahnya masih menjadi kaum komuter," kata Ali, Senin 21 Mei 2012.Saat ini terdapat tiga proyek superblok di kawasan Casablanca yakni Ciputra World Jakarta dari Ciputra Group, Kuningan City milik Agung Podomoro Grup, dan Kota Kasablanka dari Pakuwon Group.Ketiganya memasok ribuan unit hunian vertikal yang mayoritas membidik kelas atas. (ra)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper