Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

 

PADANGPANJANG: Gempa bumi berkekuatan 4,6 SR dengan pusatnya sekitar 40 kilometer barat daya Padang dan kedalaman 43 kilometer dirasakan warga Kota Padangpanjang, Sumatera Barat. 

"Kami merasakan guncangan itu," kata seorang warga Padangpanjang Khairatun di Padangpanjang, Minggu petang, 13 Mei 2012. 

Dia baru sadar kalau guncangan itu adalah gempa setelah melihat warga lainnya berlarian ke luar rumah sambil berteriak ada gempa. 

"Gempa kami rasakan cukup kuat, sehingga warga yang tinggal di kompleks ini (Kelurahan Balai-balai) berlarian ke luar rumah untuk menyelamatkan diri," katanya. 

Guncangan gempa juga dirasakan warga Tanahdatar. Mereka juga berusaha menyelamatkan diri ke luar rumah. 

"Namun sekitar lima menit kemudian kami kembali masuk rumah karena guncangan gempa tidak begitu kuat dan hanya berlangsung sekitar beberapa detik," kata warga Tanahdatar, Edrizal. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padangpanjang mencatat terjadi gempa pukul 16.10.22 WIB dengan kekuatan 4,6 SR di posisi 1.18 LS 100.12 BT berkedalaman 43 kilometer sekitar 40 kilometer barat daya Padang dan tidak berpotensi tsunami. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padangpanjang Bustaminarda mengimbau, warga setempat meningkatkan kewaspadaan.

"Tingkatkan selalu kewaspadaan, jangan terlalu panik, karena kepanikan bisa berakibat fatal," katanya.Hingga saat ini, katanya, belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. "Sampai saat ini belum ada warga yang melapor akibat gempa yang terjadi pada sore hari ini (13/5). Mudah-mudahan kerusakan tidak terjadi," katanya. (Antara/msb)

 

 

+ JANGAN LEWATKAN:

>>> 10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI HARI INI

>>> 5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

>>> 10 ARTIKEL MOST VIEWED BISNIS.COM

>>BACA JUGA

Gara-gara JPMorgan, ORANG TERKAYA DI DUNIA merugi US$4,2 miliar

KRONOLOGI JATUHNYA SUKHOI versi Kementerian Perhubungan

KINERJA KUARTAL I/2012: Laba bersih Bakrie Plantations anjlok 64%

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper