HARI BURUH: Pekerja dapat empat kado dari pemerintah versi MUHAIMIN

 
| 30 April 2012 17:27 WIB

 

JAKARTA: Menakertrans Muhaimin Iskandar mengatakan pemerintah memberikan empat kado istimewa bagi pekerja pada peringatan hari buruh, Selasa 1 Mei yang sering disebut May Day.

 

Ketiga kado itu, yaitu perluasan pendapatan tidak kena pajak dari Rp1,3 juta jadi Rp2 juta, pembangunan tiga rumah sakit pekerja,pengembangan transportasi murah bagi buruh dalam menunjang kegiatan bekerja, serta program rumah murah.

 

"Soal transportasi segera dibeli dalam waktu dekat 200 bus sebagai transportasi buruh di Tangerang, Bekasi dan Jawa Timur,  Batam juga, kalau rumah murah telah dibuat skemanya, baik itu yang sifatnya rumah susun sewa maupun rumah biasa yang bantuan uang mukanya dari pemerintah," ujarnya seusai rapat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Presiden, Senin 30 April 2012/.

 

Untuk pembangunan rumah sakit, tutur Muhaimin, akan dibangun di Tangerang, Bekasi dan Surabaya yang menjadi titik kumpul buruh paling banyak di Indonesia.

 

Terkait dengan hari buruh, lanjutnya, pemerintah berkomitmen untuk melihat may day sebagai momentum untuk memperbaiki keadaan, seperti memperbaiki semua regulasi yang menyangkut perburuhan dan alokasi APBN juga didorong untuk membantu kaum pekerja.

 

"Tetapi yang penting Permen 17 [soal outsourcing] akan kami sempurnakan secepat mungkin. pekerja Outsourcing diawasi total sehingga hak buruh tidak dirugikan," ujarnya lagi.

 

Menurut dia, pemerintah sudah menyampaikan himbauan sejak sebulan lalu kepada para pengusaha untuk memperhatikan kesejahteraan para pekerja, dan memberikan penghargaan kepada buruh yang memiliki jasa pengabdian yang baik kepada perusahaan.

 

"May day ini tidak hanya di Indonesia, juga di seluruh dunia yang kita jadikan momentum untuk perbaikan suatu keadaan. Jadi semaunya memang kami bikin Mei ini sebagai starting point untuk memperbaiki semua keadaan," ungkapnya. (ea)

Tag :
Editor : Marissa Saraswati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top