ASTRONOMI: Venus di puncak cemerlang

JAKARTA: Melangkahlah luar setiap malam pada minggu ini sekitar satu jam setelah matahari terbenam dan lihat ke langit sebelah barat. Hal pertama yang tertangkap mata Anda adalah planet Venus yang sedang sangat cemerlang.Lihat sedikit lebih dekat dan
News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 April 2012  |  05:10 WIB

JAKARTA: Melangkahlah luar setiap malam pada minggu ini sekitar satu jam setelah matahari terbenam dan lihat ke langit sebelah barat. Hal pertama yang tertangkap mata Anda adalah planet Venus yang sedang sangat cemerlang.Lihat sedikit lebih dekat dan Anda akan melihat Venus dikelilingi oleh bintang-bintang terang. Meskipun Venus selalu salah satu objek paling terang di langit, minggu ini adalah di sangat yang paling terang, ungkap Space.com.Dua tata surya planet terdalam, Merkurius dan Venus, sedang berada pada serangkaian fase yang sama ke bulan, karena mereka yang menyala dari samping pada sudut yang berbeda oleh matahari. Ukuran nyata mereka juga berubah ketika bergerak dari sisi yang jauh dari matahari ke sisi dekat.Saat ini Venus bergerak menuju Bumi, sehingga semakin besar dan cerah. Fase juga mempersempit ketika bergerak di depan matahari, yang membuatnya penurunan kecerahan.

 

Melalui teleskop minggu ini, Venus akan terlihat seperti versi miniatur dari bulan di hari kelima setelah bulan mati, kecuali tanpa gunung, laut atau kawah lava. Pandangan Venus melalui teleskop sering mengecewakan dan mengejutkan, ia tidak tampak seperti sesuatu yang begitu indah dengan mata telanjang harus begitu hambar ketika diperbesar. (arh)

 

+  JANGAN TINGGALKAN ARTIKEL LAINNYA:

> Mau Beli Sony VAIO Seri 14E?

> HARGA BBM Bersubsidi: Benar-Benar Membingungkan

> Hari PERTAMA ANGELINA Sondakh di PENJARA

> BOY THOHIR ADARO Protes Pajak Tambang

> Kian banyak BAYI LAHIR ASIMETRIS

> BARCA Tunjuk TITO Gantikan PEP GUARDIOLA

> Indonesian IDOL Pekan Ini: Rosa Selamat, SANDY Pulang

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Aprika R. Hernanda

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top