PILKADA DKI: SUTIYOSO keluhkan busway

JAKARTA: Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mengatakan kondisi sarana transportasi umum bus Transjakarta yang jadi salah satu solusi kemacetan kota Jakarta kini memprihatinkan.
News Editor | 28 April 2012 11:41 WIB

JAKARTA: Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mengatakan kondisi sarana transportasi umum bus Transjakarta yang jadi salah satu solusi kemacetan kota Jakarta kini memprihatinkan.

 

"Saya naik bus Transjakarta sudah reyot, AC tidak jalan, tidak representatif," kata Sutiyoso seusai menghadiri debat calon gubernur DKI Jakarta, di Universitas Indonesia Depok, Jumat 27 April 2012.

 

Sutiyoso mengatakan semua yang telah dibangun, baik itu sarana transportasi, gedung, ataupun yang lainnya harus ada pemeliharaan, dan salah satu contohnya adalah bus Transjakarta.

 

"Pemeliharaan itu mutlak dan memang merupakan titik lemah kita, mampu membangun namun pemeliharaan diabaikan," tambah Sutiyoso.

 

Kondisi bus Transjakarta saat ini banyak yang rusak, mulai armada yang sering mogok, shelter Transjakarta yang tidak memadai saat jam sibuk, hingga jembatan akses menuju shelter tersebut.

 

Selain itu banyak armada bus berada dalam kondisi memperihatinkan seperti karet pelapis pintu terlepas, mesin suara otomatis tak berfungsi.

 

Lalu mesin pendingin dan karpet lantai bus juga sudah banyak yang rusak, bahkan gantungan tangan untuk penumpang berdiri hanya tinggal sebagian saja.

 

Hal senada sebelumnya juga disampaikan bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Hidayat Nur Wahid. Dia belihat masih banyak kekurangan Transjakarta yang perlu dibenahi.

 

Hidayat menjelaskan, kunjungannya tersebut merupakan pengulangan dari apa yang pernah disampaikan warga, dan dia juga melihat bahwa kondisi bus Transjakarta yang sudah tidak layak.

 

"Beberapa kali saya menaiki Transjakarta, di ruang tunggunya banyak peralatannya sudah mulai rusak," keluh Hidayat. (Antara/Bsi)

Sumber : Newswire

Tag :
Editor : Puput Jumantirawan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top