ANAS URBANINGRUM tiru gaya wawancara lesehan DAHLAN ISKAN

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 26 April 2012  |  14:10 WIB

 

ENTAH SENGAJA atau kebetulan, Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Demokrat, bergaya sama dengan apa yang pernah dilakukan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan persis sepekan yang lalu.

 

Mereka sama-sama duduk di tangga ketika diwawancarai wartawan. Bedanya, Anas melakukannya di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),  Dahlan bergaya seperti itu di Kantor Kepresidenan.

 

Anas yang biasanya tak mau berkomentar banyak menyangkut berbagai tudingan yang dilontarkan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M. Nazaruddin, hari ini Kamis 26 April 2012, malah seperti menggelar konferensi pers mini di tangga kantor KPK.

 

Kedatangan Anas ke gedung lembaga antikorupsi itu adalah untuk menemani sang istri, Athiyyah Laila, yang diperiksa KPK terkait dengan kasus Hambalang.

 

“Saya ingin jadi orang pertama yang duduk di tangga ini. Saya duduk disini biar santai bersama kalian semua disini toh,” ujar Anas Urbaningrum  sambil tertawa kecil ketika wartawan menanyakan kenapa dia duduk di tangga menuju KPK.

 

Dia menegaskan dirinya khusus datang memang untuk menemani istrinya. Selama ini apabila istrinya ke dokter ataupun ke pasar juga seringkali ditemani.

 

“Saya hari ini datang mengantarkan istri saya ke KPK, ke dokter saja saya antar, ke pasar kadang-kadang  juga saya antar,  hari ini ada undangan permintaan keterangan, klarifikasi ke KPK makanya saya antar,” ujarnya.

 

Tepat sepekan lalu, aksi serupa pernah dilakukan oleh seorang Dahlan Iskan yang memang terkenal sebagai pejabat yang tidak ingin terlalu terkungkung protokoler.

 

Dia menjawab pertanyaan wartawan sambil duduk lesehan di Kantor Kepresidenan, Kamis 19 April 2012.

 

Peristiwa itu berawal ketika para wartawan menunggu kedatangan sejumlah menteri yang akan mengikuti rapat kabinet terbatas tentang pelaksanaan APBNP 2012 dan opsi pengendalian BBM bersubsidi.Para wartawan berhasil mewawancarai sejumlah menteri yang datang.  Ada menteri yang menjawab pertanyaan wartawan sambil berdiri, ada juga yang sambil berjalan seakan sedang diburu waktu.

 

Giliran Dahlan Iskan yang datang seorang diri, tanpa dikawal ajudan. Dia hanya mengenakan kemeja putih dengan lengan tergulung ke atas dan--tentu saja--sepatu kets berwarna hitam.

 

Para wartawan sudah memenuhi lorong kantor kepresidenan. Mereka akan bertanya kepada Dahlan tentang penggantian direksi PT Pertamina (Persero).

 

Sebelum mendekat kepada wartawan, Dahlan bertanya kepada petugas istana dengan sopan, "Saya boleh lewat?"

 

Setelah dipersilakan, Dahlan mendekati wartawan yang langsung mencecarnya dengan sejumlah pertanyaan.Dia tidak langsung menjawab. Dia justru duduk bersila di lantai. Wartawan pun serentak bersorak dan ikut duduk mengerumuni Dahlan, sambil tetap mengajukan pertanyaan.

 

Tanya jawab antara wartawan dan Dahlan berlangsung cukup lama. Kejadian itu menarik perhatian beberapa pejabat dan staf istana yang melintas.

 

Ketika ditanya mengapa Dahlan memutuskan untuk "lesehan" di Istana, dia menjawab, "Ya karena kalian duduk. Kalau anda berdiri saya juga berdiri," katanya seperti ditulis Antara

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Sutan Eries Adlin

Editor : Marissa Saraswati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top