PEDULI LINGKUNGAN: Aktivis deklarasikan Partai Hijau Indonesia

JAKARTA: Sejumlah aktivis dan organisasi lingkungan akan mendeklarasikan berdirinya Partai Hijau Indonesia (PHI) pada 5 Juni 2012 terkait dengan upaya untuk melawan secara politik kebijakan pemerintah yang merusak lingkungan.Juru Bicara PHI Berry Nahdian
Inda Marlina
Inda Marlina - Bisnis.com 24 April 2012  |  13:48 WIB

JAKARTA: Sejumlah aktivis dan organisasi lingkungan akan mendeklarasikan berdirinya Partai Hijau Indonesia (PHI) pada 5 Juni 2012 terkait dengan upaya untuk melawan secara politik kebijakan pemerintah yang merusak lingkungan.Juru Bicara PHI Berry Nahdian Forqan mengatakan pendirian partai tersebut berdasarkan adanya kesadaran untuk berjuang melalui gerakan politik, tidak sekedar dengan melakukan advokasi saja.  Hal tersebut, sambungnya, adalah terkait dengan keadilan ekologi di Indonesia."Karena berbagai kebijakan yang menyebabkan kehancuran dan ketidakadilan ditentukan di dalam ruang-ruang politik," ujar Berry ketika dikonfirmasi Bisnis di Jakarta, Selasa 24 April 2012.Dia memaparkan pihaknya sudah mempersiapkan embrio partai tersebut pada Juli 2007 yakni Sarekat Hijau Indonesia.

 

Dalam situs resminya,  sarekat ini merupakan  gerakan politik alternatif  yang bekerja pada parlamenter dan non parlementer. Organisasi ini memiliki pandangan politik kehidupan hijau untuk keselamatan rakyat dan ekologi dengan basis politik.

 

Berry sendiri merupakan mantan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) periode 2008-2012."PHI akan menjadi mitra strategis dalam mendorong perubahan kebijakan yang lebih berpihak pada kepentingan kesejahteraan rakyat dan keberlanjutan lingkungan," kata Berry. (ra)

 

>BACA JUGA

-KEN ikut beri usulan soal BBM bersubsidi 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top