Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UJIAN NASIONAL: Tingkat SMP lebih kompleks

JAKARTA: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh mengunjungi sejumlah SMP di seputar Jakarta Selatan seiring dimulainya Ujian Nasional (UN) tingkat SMP hari ini, Senin 23 April 2012.SMP N 19 Jakarta Selatan jadi tujuan pertama dan Mendikbud memberi

JAKARTA: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh mengunjungi sejumlah SMP di seputar Jakarta Selatan seiring dimulainya Ujian Nasional (UN) tingkat SMP hari ini, Senin 23 April 2012.SMP N 19 Jakarta Selatan jadi tujuan pertama dan Mendikbud memberi arahan kepada para kepala sekolah dan pengawas agar melakukan pengawasan dengan baik."UN SMP lebih kompleks daripada UN SMA. Jumlah peserta 3,7 juta siswa, lebih besar dari UN SMA.Jangkauannya pun lebih luas, kalau UN SMA hanya sampai ke kecamatan, untuk SMP sampai ke desa-desa," kata Nuh, Senin 23 April 2012.Hasil pantauan langsung, seluruh sub rayon telah memulai aktivitas pembagian soal sejak pukul 05.00 pagi. Arahan lainnya yang disampaikan adalah  siswa SMP itu cenderung lebih mudah panik kalau ada soal kurang atau kendala teknis lainnya.Untuk itu, kata Nuh, pengawas diharapkan untuk lebih dekat dan responsif dalam melayani peserta UN SMP. Jika ada kekurangan soal, pengawas diminta untuk segera melakukan tindakan teknis sesuai prosedur standar operasional. "Sistem yg baik itu adalah sistem yg bisa mengantisipasi semua kemungkinan," ujarnya sambil menambahkan agar  siswa  lebih konsentrasi dalam mengerjakan soal.Mereka jangan  terpengaruh dengan isu-isu bocoran jawaban yang bersifat spekulatif. Oleh karena itu harus percaya diri karena  kecurangan hanya akan mengganggu konsentrasi dan menurunkan harga diri, tuturnya.Kepala sekolah SMPN 19, Morgan Napitupulu, mengatakan, dirinya bersama para guru juga telah menyampaikan kepada para siswa agar tidak percaya pada bocoran yang mungkin beredar. (ra) 

>BACA JUGA

-Realisasi investasi ke luar Jawa makin besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : nurul

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper