Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

FRANKFURT: Indeks kepercayaan bisnis dan investor Jerman setiap bulan tahun ini mengalahkan prediksi yang memperlihatkan ekonomi terbesar Eropa itu tidak bisa diremehkan.

Indeks iklim bisnis dari Ifo institute tanpa diduga naik ke level tertinggi dalam sembilan bulan terakhir. Kondisi ini mengalahkan rata-rata prediksi dalam survey Bloomberg News setiap bulan sejak September.

 

Indeks kepercayaan investor yang diterbitkan ZEW Center for European Economic Research melampaui rata-rata estimasi ekonom dalam lima bulan terakhir.

 

“Perusahaan Jerman mengambil pelajaran dari buruknya pasar financial.  Orang tidak boleh meremehkan ekonomi Jerman,” ujar Andreas Rees, ekonom pada UniCredit Group di Munich.

 

Laporan Ifo dan data ritel Inggris menunjukkan kenaikan penjualan tercepat lebih dari satu tahun. Hal ini menambah bukti penguatan di Eropa setelah krisis utang menghantam wilayah itu pada kuartal IV.

 

Di Jerman, perusahaan meningkatkan penjualan ke pasar Asia yang mencatat pertumbuhan tercatat . Pengangguran di negara itu mencatat pertumbuhan rendah dalam dua dekade yang mendorong belanja rumah tangga. (Bloomberg/tw)

 

Institut ekonomi ternama di Jerman, termasuk Ifo, menaikkan prediksi pertumbuhan untuk tahun ini menjadi 0,9% dari 0,8%. Ekspansi diprediksi 2% pada 2013 meski krisis utang melilit zona euro. (tw)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper