EKONOMI EROPA: Indeks kepercayaan di Jerman menguat

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 April 2012  |  04:51 WIB

 

FRANKFURT: Indeks kepercayaan bisnis dan investor Jerman setiap bulan tahun ini mengalahkan prediksi yang memperlihatkan ekonomi terbesar Eropa itu tidak bisa diremehkan.

Indeks iklim bisnis dari Ifo institute tanpa diduga naik ke level tertinggi dalam sembilan bulan terakhir. Kondisi ini mengalahkan rata-rata prediksi dalam survey Bloomberg News setiap bulan sejak September.

 

Indeks kepercayaan investor yang diterbitkan ZEW Center for European Economic Research melampaui rata-rata estimasi ekonom dalam lima bulan terakhir.

 

“Perusahaan Jerman mengambil pelajaran dari buruknya pasar financial.  Orang tidak boleh meremehkan ekonomi Jerman,” ujar Andreas Rees, ekonom pada UniCredit Group di Munich.

 

Laporan Ifo dan data ritel Inggris menunjukkan kenaikan penjualan tercepat lebih dari satu tahun. Hal ini menambah bukti penguatan di Eropa setelah krisis utang menghantam wilayah itu pada kuartal IV.

 

Di Jerman, perusahaan meningkatkan penjualan ke pasar Asia yang mencatat pertumbuhan tercatat . Pengangguran di negara itu mencatat pertumbuhan rendah dalam dua dekade yang mendorong belanja rumah tangga. (Bloomberg/tw)

 

Institut ekonomi ternama di Jerman, termasuk Ifo, menaikkan prediksi pertumbuhan untuk tahun ini menjadi 0,9% dari 0,8%. Ekspansi diprediksi 2% pada 2013 meski krisis utang melilit zona euro. (tw)

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Nadya Kurnia

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top