Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEUGEOT perkuat ekspansi di luar Jawa

BALIKPAPAN:  PT Astra International Tbk- Peugeot memperkuat penetrasi produk di area Kalimantan, Sulawesi dan Sumatra seiring potensi pasar di luar Jawa yang berkembang, guna mendorong pencapaian target penjualan tahun ini sebanyak 300 unit.Khusus

BALIKPAPAN:  PT Astra International Tbk- Peugeot memperkuat penetrasi produk di area Kalimantan, Sulawesi dan Sumatra seiring potensi pasar di luar Jawa yang berkembang, guna mendorong pencapaian target penjualan tahun ini sebanyak 300 unit.Khusus di Kalimantan, Peugeot kembali memantapkan posisi dengan memperkenalkan model terbaru andalan yakni 308 facelift di hadapan masyarakat Kota Balikpapan melalui pameran yang digelar di E-Walk Balikpapan Superblock, sejak akhir pekan ini.CEO PT Astra International-Peugeot Constantinus Herlijoso mengatakan kontribusi penjualan dari luar Jawa terhadap total pasar Peugeot secara nasional masih sekitar 30%. Permintaan pasar yang bertumbuh seiring daya beli masyarakat yang terus menguat menjadi potensi bagi penjualan Peugeot di luar Jawa.“Produk kami semakin luas variasinya sehingga kami masuk ke daerah-daerah seperti Kalimantan, Sulawesi dan Sumatra. Permintaan dan daya beli sudah ada. Ekspektasi pasar [Peugeot] tahun ini 300 unit, backbone masih model 207  sedan dan 3008. 60% penjualan dari kontribusi dua model tersebut,” katanya kepada Bisnis, akhir pekan ini.Dia menuturkan Bandung dan Surabaya selama ini memberi kontribusi yang signifikan bagi penjualan Peugeot di luar Jawa. Namun, seiring pertumbuhan perekonomian daerah dan daya beli masyarakat, ada potensi kuat kontribusi tersebut bergeser ke area lain seperti Balikpapan dan Banjarmasin. Khusus di Kalimantan, daerah ini memberikan sumbangan sekitar 10% terhadap total penjualan produk Peugeot secara nasional.Herlijoso menilai peluang pasar di Kalimantan tetap cukup besar, kendati ada pergeseran kebutuhan seiring perubahan kebijakan terkait penempatan ekspatriat dan skema rental  pada perusahaan-perusahaan asing di sektor perminyakan.“Masyarakat Kalimantan sendiri sudah jauh berkembang. Untuk itu kami memantapkan posisi di Balikpapan, salah satunya terkait operasional outlet Peugeot yang semuanya di tangani Astra,” tutur Herlijoso.Sebelumnya, penjualan dan layanan purna jual Peugeot di Balikpapan ditangani oleh PT Laneka Jaya selaku mitra perusahaan. Ke depan, seluruh operasional Peugeot baik penjualan dan layanan purna jual ditangani langsung oleh Astra."Outlet kini sedang direnovasi dan akan tampil dengan wajah baru. Bulan depan akan diresmikan. Kami [Peugeot] kembali hadir di Balikpapan untuk melayani pelanggan,” kata Branch Manager Peugeot Balikpapan, Jonedi.   Terkait model baru, Herlijoso menambahkan setidaknya masih ada 2 produk anyar yang akan diperkenalkan di pasar domestik pada tahun ini, menyusul seri The New Peugeot 308 facelift. Rencananya, dua seri terbaru itu akan diluncurkan pada akhir semester IV/2012 dan pada saat Indonesia Motor Show (IMS) September 2012.Tahun lalu, mobil asal Prancis ini mencatat angka penjualan 188 unit. Pada  2010, penjualan merek ini sebanyak angka 104 unit. Dari total penjualan, mayoritas yang terjual adalah seri 207 sedan sebanyak 40%. Sisanya, seri 3008 dan dan 5008. (faa) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : manda
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper