Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GEMPA BUMI di Manokwari dirasakan cukup kuat

JAKARTA: Gempa yang terjadi di Manokwari, Papua Barat, dirasakan cukup kuat oleh masyarakat sekitar.Gempa dengan kekuatan 6,8 skala richter terjadi di Manokwari, Papua Barat, pada pukul 08:16:51 WIB. Pusat gempa berada pada 88 km tenggara Manokwari,

JAKARTA: Gempa yang terjadi di Manokwari, Papua Barat, dirasakan cukup kuat oleh masyarakat sekitar.Gempa dengan kekuatan 6,8 skala richter terjadi di Manokwari, Papua Barat, pada pukul 08:16:51 WIB. Pusat gempa berada pada 88 km tenggara Manokwari, tepatnya 1.58 lintang selatan - 134.41 bujur timur pada kedalaman 10 km. Gempa tidak berpotensi tsunami."Berdasarkan analisis Irwan Meilano pakar gempa ITB yang menyampaikan analisisnya ke Posko BNPB [Badan Nasional Penanggulangan Bencana]," ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam keterangan yang diterima Bisnis, Sabtu, 21 April 2012.Dia menambahkan gempa ini menyadarkan untuk kembali mewaspadai potensi gempa di Papua, yang diantaranya berasal dari sesar daratan (Sorong-Yapen, Tarera Aiduna, dll) serta subduksi di utara papua."Posko BNPB telah mengkonfirmasi di daerah bahwa gempa dirasakan cukup kuat selama 3 detik. Warga berhamburan ke luar rumah dan gedung," jelasnya.Dia menambahkan hingga saat ini belum ada laporan korban dan kerusakan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih melakukan pendataan."Update dampak dan kerusakan akibat bencana akan disampaikan jika ada perkembangan. Posko BNPB terus memonitor perkembangan 24 jam 7 hari dari berbagai sumber," ujarnya. (Dba/tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper