TPA REGIONAL: Segera dibangun di Kab dan Kota Pekalongan

 
News Editor | 20 April 2012 20:01 WIB

 

SEMARANG: Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum segera membangun tempat pembuangan akhir dengan sistem regional di Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan sebagai percontohan TPA.

 

Dirjen Cipta Karya Kemen PU Budi Yuwono TPA mengatakan tempat pembuangan akhir (TPA) regional yang dibangun di Pekalongan itu, akan dijadikan percontohan untuk daerah lainnya di wilayah Jateng.

 

Pembangunan TPA, lanjutnya, dinilai penting sehinga pemerintah pusat melalui Kemen PU akan semakin serius merealisasikan TPA regional itu.

 

Menurutnya, TPA regional itu akan dibangun untuk penanganan sampah di Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan, guna menanggulangi peningkatan volume sampah yang semakin besar di Jateng.

 

TPA di dua daerah itu kini sudah over load, sehingga butuh tempat baru yang memadai, mengingat saat ini mereka kesulitan menangani sampah akibat minimnya anggaran dalam APBD.

 

“Sebanyak 54% warga tinggal di perkotaan, sehingga kebutuhan penanganan sampah sangat penting dan membutuhkan dukungan kerja sama antar daerah,” ujarnya saat penandatanganan memorandum of understanding (MoU) TPA regional di Semarang, Jumat 20 Aopril 2012.

 

Dia mengatakan dengan menggunakan sistem TPA regional, ke depan pengelolaan sampah di TPA bisa  dilakukan oleh Pemprov, sedangkan pengangkutan sampahnya oleh kabupaten/kota.

 

Gubernur Jateng Bibit Waluyo mengatakan pembangunan TPA tersebut agar dilakukan secara sungguh-sungguh dan Walikota/Bupati Pekalongan juga harus serius untuk melakukan pengawasan.

 

“Saya minta penanganannya sungguh-sungguh karena dua wilayah itu harus bersih dari sampah dan menjadi contoh pengolahan sampah daerah lainserta diharapkan program ini merupakan gagasan baru yang akan membuka lapangan pekerjaan,” ujarnya.

 

TPA regional itu, lanjutnya, akan dibangun di atas lahan seluas 23,7 hektare dengan sumber dana anggaran senilai Rp182,546 miliar. Dana pembangunan itu juga memperoleh dukungan dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Kemen PU.

 

Lokasi TPA itu telah ditetapkan di Desa Wangundowo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Sebelumnya, sistem pengelolaan sampah di TPA di daerah itu selain menampung juga mengolah menjadi pupuk organik (kompos) dan sejumlah produk daur ulang lainnya.

 

Desain TPA yang akan dibangun itu akan dilengkapi lantai penjemuran dengan lapisan di bawahnya serta sejumlah mesin pemilah untuk menyortir sampah. Pembangunan TPA direalisasikan tahun depan hingga diharapkan menjadi tempat rujukan pembuangan sampah bagi dua daerah tersebut.(ea)

 

Sumber : Dimas Novita Sari

Tag :
Editor : Marissa Saraswati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top