Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUSAT KAJIAN ZOONOSIS didirikan IPB

BOGOR: IPB mencanangkan berdirinya Pusat Kajian Pengendalian Zoonosis Nasional dalam Seminar Nasional Zonosis hari ini.Pusat ini diharapkan menjadi center of excellent tingkat nasional dan internasional di bidang zoonosis, khususnya dalam bidang penelitian,

BOGOR: IPB mencanangkan berdirinya Pusat Kajian Pengendalian Zoonosis Nasional dalam Seminar Nasional Zonosis hari ini.Pusat ini diharapkan menjadi center of excellent tingkat nasional dan internasional di bidang zoonosis, khususnya dalam bidang penelitian, pendidikan, pelayanan masyarakat, serta data informasi."Selama ini zoonosis yang menjadi masalah kesehatan hewan dan masyarakat di Indonesia antara lain avian influenza, rabies, anthrax, bruselosis, leptospirosis, sistiserkosis, salmonelosis, dan toksoplasmosis," kata Ketua Panitia Seminar Nasional Zoonosis, Heru Setijanto.IPB yang mempunyai kompetensi utama di bidang pertanian dapat berperan penting dalam mencegah, mengendalikan dan memberantas zoonosis.Menurut Heru, bidang ilmu utama yang berperan dalam zoonosis ini adalah kedokteran hewan, yang menjadi salah satu bidang ilmu pengetahuan dari Fakultas Kedokteran Hewan.Selain itu, disiplin ilmu lain yang berperan dalam penelitian zoonosis adalah sosio ekonomi, konservasi satwa liar, teknologi pertanian, peternakan, perikanan dan ekologi manusia."Keunggulan ini menjadi kekuatan bagi IPB untuk mendirikan sebuah pusat studi berskala nasional/internasional dalam bidang zoonosis dengan pendekatan holistik, transdisiplin dan integratif," lanjut Heru yang juga Sekjen Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia tersebut.Dia mencontohkan beberapa kasus penyakit zoonosis. Misalnya, unggas bisa menularkan penyakit flu burung. Monyet bisa menularkan penyakit tubercolosis dan rabies pada manusia. Demikian  pula anjing dapat menularkan penyakit rabies. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Inria Zulfikar
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper