SUDOMO MENINGGAL: Wapres pimpin upacara pemakaman

 
Aprilian Hermawan
Aprilian Hermawan - Bisnis.com 18 April 2012  |  14:06 WIB

 

JAKARTA: Wakil Presiden Boediono dijadwalkan akan menjadi inspektur upacara pada pemakaman almarhum Sudomo di Taman Makam Pahlawan Kalibata, besok pagi.
 
Sudomo rencananya akan dimakamkan dengan proses kenegaraan sebagai penghormatan kepada jasa-jasanya.
 
“Bapak Wapres akan menjadi inspektur upacara pemakaman Sudomo besok pagi,” kata Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat, hari ini.
 
Laksamana TNI (Purn) Sudomo, mantan Pangkopkamtib meninggal dunia dalam usia 86 tahun pada hari ini, Rabu 18 April 2012, pukul 10.00 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan.
 
Mantan menteri tenaga kerja era Orde Baru INI dirawat di RS Pondok Indah, karena diduga mengalami pendarahan di otak. Sudomo, yang juga pernah menjabat menteri koordinator bidang politik dan keamanan era Presiden Soeharto itu, telah dirawat sejak Sabtu, 14 April.
 
Sudomo lahir pada 20 September 1926 di Malang, Jawa Timur. Dia pernah menjadi kepala staf TNI-AL pada 1969-1973 dan juga pernah menjabat sebagai panglima Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib) 1978-1983.
 
Sudomo dikenal mampu menangani berbagai kemelut keamanan dalam negeri secara dingin. Pada masa-masa itu, dunia intelijen Indonesia sangat diwarnai kepemimpinan Sudomo, LB Moerdani, dan Yoga Soegama. (sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top