KOREA SELATAN: Standar hidup makin suram

JAKARTA: Jangan tertipu lenggak-lenggok artis Korea Selatan yang gemerlap. Pada kenyataannya saat ini kehidupan di Negeri Gingseng tahun ini justru lebih suram dibandingkan ketika krisis ekonomi 1990-an lalu.
Tusrisep | 17 April 2012 09:46 WIB

JAKARTA: Jangan tertipu lenggak-lenggok artis Korea Selatan yang gemerlap. Pada kenyataannya saat ini kehidupan di Negeri Gingseng tahun ini justru lebih suram dibandingkan ketika krisis ekonomi 1990-an lalu.

 

Seperti dikutip dari The Korean Times, diantara negara-negara kaya di dunia modern ternyata Korsel justru menjadi tempat yang paling suram menurut ‘indeks kesengsaraan’ ala Arthur Okun.

 

Misery Index atau Indeks Kesengsaraan adalah indikator ekonomi yang diperkenalkan oleh Arthur Melvin Okun ekonom dari Yale University.

 

Index ini awalnya sederhana saja yaitu menjumlahkan antara tingkat  inflasi dan tingkat pengangguran di suatu negara. Dua hal yang mencerminkan biaya ekonomi dan sosial suatu negara.

 

Song Tae-jeong, seorang peneliti senior di Financial Group Woori kehidupan Korea saat ini rata-rata lebih buruk daripada setelah krisis akhir 1990-an keuangan. Setidaknya jika dilihat dari indeks kesengsaraan yang ada.

 

"Indeks kesengsaraan memuncak pada masa pemerintahan Lee [Myung-bak] ketika jurang antara orang terkaya dan termiskin menjadi lebih dalam, kemudian berkontribusi terhadap kejahatan yang lebih tinggi dan tingkat bunuh diri," kata Song, Selasa 17 April 2012.

 

Rata-rata warga Korea terus melihat standar hidup mereka memburuk karena upah yang diterima gagal untuk bersaing dengan meningkatnya biaya hidup, utang rumah tangga yang terus tinggi di negara itu dan kuantitas usia kerja warga Korea. (ra)

 

>> BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA:

+ Harga emas setelah naik turun

+ PAK DOMO, orang kuat itu mangkat

+ Liga Champions: Di balik kekalahan REAL MADRID

+ SIAPA di belakang sepak terjang DAHLAN ISKAN?

+ CEPAT ITU PENTING, kata Dahlan Iskan

+ Bakrie Telecom masih urus izin penyelenggaraan

* PILOT NGANTUK, Venus dikira pesawat lain mau nabrak

+ Pemerintah perlu bentuk badan pelaksana rusun 

Tag :
Editor : Basilius Triharyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top