Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

BOGOR: Pengawasan pelaksanaan hari pertama ujian nasional 2012 tingkat SLTA di Kota Bogor, Jawa Barat, dilakukan oleh dewan pengawas dan dipantau pula melalui kamera CCTV.

 

Salah satu sekolah yang menggunakan kamera pemantau yakni SMA Negeri 1 Kota Bogor.

 

"Ada 40 kamera CCTV yang kita gunakan dalam pengawasan UN kali ini. Kemera tersebar di ruang kelas, ruang pengawas, kantin, dan ruang penyimpanan soal," kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bogor, Agus Suherman, saat ditemui di sekolah, Senin 16 April 2012.

 

Agus menyebutkan penggunaan CCTV sudah berlangsung sejak 2006. Kamera tersebut tidak hanya digunakan saat ujian, tapi juga sehari-hari.

 

Menurut Agus, penggunaan CCTV juga dapat membantu pengawasan serta sebagai barang bukti bila nanti ditemukan kecurangan.

 

"Penggunaan kamera ini hanya untuk pengawasan yang lebih faktual. Bisa juga jadi barang bukti jika ada kejadian," katanya.

 

Dia menjelaskan kamera CCTV tersebut tersebar di 24 kelas yang ada, di laboratorium bahasa, laboratorium multi media, lorong kelas dan ruang penyimpanan UN.

 

Agus menyebutkan tahun ini jumlah siswa yang mengikuti ujian sebanyak 328 orang. Ruang ujian yang dipakai sebanyak 17 ruangan dimana satu ruangan terdiri 20 siswa yang diawasi oleh dua pengawas guru dan kamera CCTV.

 

"Kami menggunakan pengawas sistem silang murni dari sejumlah sekolah di Kota Bogor," katanya.

 

Agus menyebutkan pihaknya optimis pelaksanaan UN berlangsung lancar dan ia pun optimis kelulusan siswanya mencapai 100%.

 

"Seperti tahun-tahun sebelumnya kelulusan kita 100 persen. Begitu juga tahun ini kota optimis semua siswa di Kota Bogor lulus," kata Agus. (Antara/ea)

 

BACA JUGA:

PENDIRI INSTAGRAM KAYA MENDADAK

WAKTUNYA BELI EMAS

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswires

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper