GARUDA INDONESIA: Incar pasar Amerika Latin

JAKARTA: Garuda Indonesia mengincar pasar penerbangan ke Amerika Latin melalui pembukaan rute Jakarta-Selandia Baru mulai awal tahun depan.
News Editor | 16 April 2012 13:30 WIB

JAKARTA: Garuda Indonesia mengincar pasar penerbangan ke Amerika Latin melalui pembukaan rute Jakarta-Selandia Baru mulai awal tahun depan.

 

Dirut Garuda Emirsyah Satar mengatakan Selandia Baru berada dalam jalur penerbangan yang menguntungkan untuk ke negara-negara di kawasan Amerika Latin.

 

“Penerbangan Jakarta-Selandia Baru akan dibuka lagi pada awal tahun depan. Sementara itu untuk melanjutkan ke Amerika Latin sedang kami pertimbangkan apakah menggunakan jaringan aliansi global atau dilayani sendiri,” katanya di sela-sela Indonesia-New Zealand Business and Investment Seminar, Senin 16 April 2012.

 

Maskapai bernomor penerbangan GA itu pernah melayani Jakarta-Auckland namun ditutup menyusul krisis moneter global pada 1997/1998.

 

Emirsyah menuturkan perseroan sebetulnya ingin lebih cepat membuka penerbangan sekali sehari ke Auckland dengan target isian penumpang di atas 78%, namun saat ini masih kekurangan armada pesawat.

 

Adapun, katanya, penerbangan ke negara di Benua Australia itu diproyeksikan menggunakan Airbus A330, dimana saat ini Garuda baru memiliki pesawat berbadan lebar jenis itu sebanyak 12 unit.

 

Garuda sendiri tengah dalam proses untuk menjadi anggota aliansi global SkyTeam yang terdiri dari 13 maskapai, yakni Aeroflot (Rusia), Aero Mexico, Air Europa (Spanyol), Air France, Alitalia, China Southern, Czech Airlines, Delta Air Lines (AS), Kenya Airways, KLM Royal Dutch Airlines, Korean Air, TAROM Romanian Air Transport, dan Vietnam Airlines.

 

Emirsyah mengatakan tahun depan pesawat berbadan lebar Boeing 777 sebanyak 3 unit juga akan memperkuat armada sehingga mempermudah Garuda untuk melakukan ekspansi rute, termasuk membuka Jakarta-Auckland.

 

“Boeing 777 yang pertama datang pada Juni, mundur 1 bulan karena masalah produksi. Sementara itu, yang kedua dan ketiga pada Oktober dan Agustus. Pesawat itu untuk menggantikan Boeing 747 [yang digunakan untuk penerbangan ke Arab Saudi],” jelasnya.

 

Sementara itu, PM Selandia Baru John Key mengatakan maskapai negaranya yakni Air New Zealand pada tahun ini kembali membuka rute Auckland-Bali sebanyak dua kali seminggu mulai Juni.

 

“Saya juga mengapresiasi adanya kemungkinan opsi kerja sama [code share] antara Air New Zealand dengan Garuda,” paparnya.

 

Dalam kunjungannya ke Jakarta, Key juga menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Garuda dan Auckland International Airport.

 

Penandatangan tersebut guna memperlancar rencana Garuda membuka penerbangan langsung ke Auckland.

 

Tahta Garuda sebagai maskapai terbanyak menerbangkan penumpang ke luar negeri direbut Indonesia AirAsia sejak 2010.  (ra)

 

>> BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA:

+ Harga emas setelah naik turun

+ PAK DOMO, orang kuat itu mangkat

+ Liga Champions: Di balik kekalahan REAL MADRID

+ SIAPA di belakang sepak terjang DAHLAN ISKAN?

+ CEPAT ITU PENTING, kata Dahlan Iskan

+ Bakrie Telecom masih urus izin penyelenggaraan

* PILOT NGANTUK, Venus dikira pesawat lain mau nabrak

+ Pembatasan konsumsi BBM lewat cc mobil rawan sosial

Tag :
Editor : Basilius Triharyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top