Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UJIAN NASIONAL: Siswi yang hamil boleh ikut UN

MALANG: Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Malang mengizinkan siswi SMA/SMK/MA yang tengah dalam kondisi hamil untuk mengikuti ujian nasional yang digelar mulai Senin, 16 April 2012.Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Edi Suhartono mengatakan sebagai

MALANG: Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Malang mengizinkan siswi SMA/SMK/MA yang tengah dalam kondisi hamil untuk mengikuti ujian nasional yang digelar mulai Senin, 16 April 2012.Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Edi Suhartono mengatakan sebagai penyelenggara UN tingkat SMA/SMK/MA tahun 2012 pihaknya mengizinkan siswi yang sedang hamil untuk mengikuti ujian kendati Dinas Pendidikan Pemprov Jatim melarangnya."Berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Anak, bagi siswi yang sedang mengandung atau hamil boleh untuk mengikuti ujian nasional," kata Edi pada Sabtu, 14 April 2012.Mengacu pada UU tersebut, ujarnya, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mengizinkan siswi yang sedang hamil mengikuti Unas baik itu hamil dengan nikah secara resmi maupun hamil di luar nikah.Menurutnya, di Kabupaten Malang saat ini masih ada sebagian masyarakat yang masih memegang tradisi di mana anak gadis mereka begitu menjelang dewasa langsung dijodohkan untuk kemudian dinikahkan."Meski anak yang bersangkutan masih menempuh pendididkan di bangku SMP maupun SMA. Jika sudah dijodohkan oleh orang tuanya sebagian besar dari mereka tidak bisa menolak dan patuh pada kehendak orang tuanya."Sehingga, ujarnya, ketika memasuki masa akhir sekolah siswi tersebut sudah dalam kondisi mengandung. Tidak jarang saat tahu sedang dalam keadaan hamil mereka tidak mau mengikuti UN karena malu dengan teman sekolahnya. Akibatnya secara otomatis merekapun menjadi putus sekolah.Karena itu, diharapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, jangan sampai pelajar yang hamil tersebut menjadi putus sekolah pada akhir masa pendidikannya. Bertolak dari situ, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang tetap memperbolehkan siswi hamil untuk mengikuti ujian. (k25/tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia
Sumber : Mohammad Sofi'i

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper