Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UJIAN NASIONAL: Jangan percaya ada BOCORAN SOAL (Menkdikbud M. Nuh)

 

 

TANGERANG:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengimbau peserta Ujian Nasional agar tidak mempercayai bocoran-bocoran soal ujian yang beredar.

 

"Tidak perlu percaya dengan bocoran yang beredar," kata M Nuh saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) persiapan Ujian Nasional di Tangerang Selatan, Minggu 15 April 2012.

 

M. Nuh melakukan sidak di rayon Tangerang Selatan di SMAN 6 Kota Tangerang Selatan dan melihat lokasi ujian di SMAN 1 Ciputat, Tangerang Selatan.

 

Ujian Nasional untuk tingkat Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) akan dilaksanakan empat hari sejak Senin, 16 April, hingga 19 April 2012.

 

Menteri mengatakan ada empat kerugian jika siswa mempercayai bocoran soal yaitu kehilangan konsentrasi untuk belajar, kehilangan kepercayaan diri, kehilangan financial, dan kehilangan harga diri.

 

"Boleh membuat target harus lulus, semua ingin lulus tapi yang penting tidak boleh menyimpang dari jalur," tambah dia.

 

Lebih lanjut M Nuh mengatakan, salah satu hal yang juga penting yaitu pada saat mengumpulkan lembar jawaban harus dikawal jangan sampai "transit" kemana-mana dan disegel lalu dikirim sehingga menjamin tidak terjadinya kecurangan.

 

"Saya rasa semangatnya sekarang agak beda. Sekarang jujur dan berprestasi relatif bagus dan bukan jamannya lagi tidak jujur," ujar Nuh.

 

Menteri juga mengatakan persiapan pelaksanaan Ujian Nasional berjalan lancar terutama pendistribusian soal yang saat ini semua sudah berada di rayon sehingga siap didistribusikan ke sekolah-sekolah. (Antara/ea)

>> BACA JUGAl: 

*)  UJIAN NASIONAL: Siswi Yang Hamil Boleh Ikut UN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswires

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper