FRIDAY THE 13TH: Jatuh Jumat ini. Percayakah Anda?

SALAH SATU tahyul terbesar di dunia adalah menyangkut Friday 13th. Hari Jumat dengan tanggal 13 memang tidak banyak terjadi dalam 1 tahun.
News Editor | 13 April 2012 02:54 WIB

SALAH SATU tahyul terbesar di dunia adalah menyangkut Friday 13th. Hari Jumat dengan tanggal 13 memang tidak banyak terjadi dalam 1 tahun.

 

Hari ini Jumat ini tepat jatuh pada tanggal 13. Apakah Anda percaya dengan mitos di balik Friday the 13th yang diidentikkan dengan kesialan?

 

Lepas dari percaya atau tidak, yang jelas Jumat tanggal 13 ternyata menjadi perhatian sekelompok orang untuk mengkajinya lebih jauh, salah satunya situs livescience.com.

 

Pada 2009, situs itu memajang lima kejadian yang mereka sebut sebagai fakta terkait dengan Friday the 13th itu yaitu:

 

  1. Dunia sains punya sebutan sendiri untuk orang yang percaya dengan mitos Friday the 13th yaitu paraskavedekatriaphobia atau friggatriskaidekaphobia. Khusus untuk mereka yang takut dengan angka 13 disebut triskaidekaphobia.

 

  1. Tidak sedikit hotel dan rumah sakit yang tidak menyediakan kamar nomor 13. Gedung bertingkat juga ada yang tidak menggunakan lantai 13. Di beberapa bandara, tidak ada pintu nomor 13.

 

  1. Presiden Amerika Serikat Franklin D Roosevelt disebut-sebut termasuk orang meyakini tentang angka 13. Dia tidak pernah bepergian pada tanggal 13 dan menerima tamu yang jumlahnya 13. Napoleon dan Presiden Herbert Hoover juga menderita triskaidekaphobic.

 

  1. Mark Twain pernah menjadi tamu ke-13 pada suatu jamuan makan malam. Temannya mengingatkan Twain untuk tidak hadir karena angka itu pembawa sial.  Apa yang terjadi,Twain bercerita kepada temannya bahwa makanan yang tersedia hanya cukup untuk 12 tamu.

 

  1. Angka 13 dianggap membawa sial karena angka 12 dianggap sudah komplit. Pasalnya, banyak perhitungan yang melambangkan bahwa angka 12 adalah sesuatu yang sudah lengkap. Ada 12 bulan dalam setahun, ada 12 zodiak, 12 tuhan dalam kisah Olympus, 12 pembantu Hercules, 12 muris Yesus, atau 12 sebagai hitungan lusinan.

 

Namun, menurut Thomas Gilovich dari Department of Psychology at Cornell University Amerika, fenomena yang disebut friggatriskaidekaphobia itu hanya akan terjadi jika seseorang mengasosiasikan hari itu dengan hal-hal atau kejadian buruk dalam hidup mereka.

 

Friggatriskaidekaphobia adalah sebuah takhayul umum tentang hari sial yang telah ada berabad-abad lamanya berkembang dalam budaya Barat.

 

"Jika sesuatu yang buruk terjadi pada Jumat tanggal 13 dan Anda mempercayainya maka hal itu akan terpatri dalam pikiran Anda karena pikiran adalah sebuah sistem asosiatif ," kata Gilovich seperti dilansir Association for Psychological Science yang dikutip Antara.

 

Gilovich menyatakan tidak ada bukti atau validitas apapun akan tahyul dan kesialan pada Jumat tanggal 13.

 

"Banyak orang memegang sejumlah keyakinan tanpa memahami latarbelakang atau dari mana keyakinan itu datang," kata Gilovich.

 

Tahyul serupa juga dicontohkan Gilovich terjadi di kalangan arsitek dan desainer interior yang tidak melabeli sebuah gedung atau bangunan dengan lantai ke-13.  

 

Kini tinggal terserah Anda mau percaya atau tidak atas mitos Friday the 13th itu. Mudah-mudahan sih tidak. (eries.adlin@bisnis.co.id)

 

>>BACA JUGA  ARTIKEL LAINNYA:

* GADGET pintar LG hanya Rp1,2 juta

* Bursa Wallstreet terbakar sinyal THE FED

 

Sumber : Sutan Eries Adlin

Tag :
Editor : Marissa Saraswati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top