Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERLUASAN KIK ancam rusak ekosistem

BALIKPAPAN: Forum Peduli Teluk Balikpapan menolak perluasan Kawasan Industri Kariangau (KIK) yang ditengarai merusak ekosistem daerah tersebut.Koordinator Forum Peduli Teluk Balikpapan Handi Abdullah mengatakan kegiatan perluasan KIK merupakan perencanaan

BALIKPAPAN: Forum Peduli Teluk Balikpapan menolak perluasan Kawasan Industri Kariangau (KIK) yang ditengarai merusak ekosistem daerah tersebut.Koordinator Forum Peduli Teluk Balikpapan Handi Abdullah mengatakan kegiatan perluasan KIK merupakan perencanaan melawan alam. Karakteristik Teluk Balikpapan yang unik karena cenderung merupakan arus perairan tertutup."Tidak ada sungai besar yang mengarah ke Selat Makassar sehingga sedimentasi dan limbah industri yang turun ke teluk akan tetap mengendap," katanya, Jumat, 13 April 2012.Dampak yang paling besar, tegas Handi, dirasakan oleh warga Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang sebagian besar hidup sebagai nelayan. Dia berpendapat warga PPU tidak akan mendapatkan manfaat dari perluasan KIK tersebut.Selain itu, keanekaragaman hayati yang ada dalam Teluk Balikpapan juga rawan terkena dampaknya. Bekantan dan pesut laut yang menjadi fauna langka rawan punah.Untuk itu, Handi  mengusulkan perluasan KIK sebaiknya dibatasi sampai Terminal Peti Kemas (TPK) Kariangau. Selanjutnya, Pemkot Balikpapan bisa bekerja sama dengan PPU untuk perluasan tersebut sehingga ada pemerataan pembangunan yang mengurangi dampak kerusaan pada satu wilayah saja."Akan ada pemerataan pembangunan juga yang akan berdampak positif bagi warga Balikpapan dan PPU," pungkasnya. (22/tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia
Sumber : Rachmad Subiyanto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper