ROKET KORUT: Akhirnya meluncur juga

SEOUL: Korea Utara menantang kecaman internasional dan meluncurkan roket hari ini. Namun, Korea Selatan dan Jepang mengatakan peluncuran itu tampaknya gagal beberapa menit setelah lepas landas.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 13 April 2012  |  09:37 WIB

SEOUL: Korea Utara menantang kecaman internasional dan meluncurkan roket hari ini. Namun, Korea Selatan dan Jepang mengatakan peluncuran itu tampaknya gagal beberapa menit setelah lepas landas.

 

"Rudal Korea Utara tampaknya telah jatuh setelah terjadi putus beberapa bagian," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan Kim Min Seok pada televisi di Seoul, Jumat 13 April 2012.

 

Dia mengatakan roket itu ditembakkan sekitar pukul 7.39 waktu setempat Jumat 13 April dan terbang untuk beberapa menit.

 

Presiden Korea Selatan Lee Myung Bak mengadakan pertemuan kabinet darurat. Setelah itu, indeks Kospi naik 0,8%, sementara won naik 0,7%.

 

Pemerintah Korea Utara mengatakan proyektil akan membawa satelit ke orbit untuk menandai 15 April sebagai 100 tahun pendiri negara Kim Il Sung, dan bukan tes rudal jarak jauh yang melanggar sanksi PBB.

 

Peluncuran yang gagal dapat menekan pemimpin baru Kim Jong Un untuk memperbaiki citra negara. Uji coba nuklir, seperti yang Korea Selatan peringatkan pekan ini, adalah sesuatu yang mungkin saja dilakukan.

 

"Saya tidak terkejut Korea Utara meluncurkan dan kami tidak terkejut hal itu gagal," kata James Acton dari program kebijakan nuklir di Carnegie Endowment for International Peace di Washington.

 

"Saya juga tidak akan terkejut jika, dalam beberapa bulan berikutnya, mereka menguji senjata nuklir."

 

Menteri Pertahanan Jepang Naoki Tanaka mengatakan hari ini bahwa benda itu terbang lebih dari satu menit sebelum ternyata jatuh ke laut.

 

Sementara itu, ABC News dan CNN mengatakan peluncuran mungkin telah gagal, dengan mengutip pejabat AS yang tak mau disebut namanya.  (Bloomberg/mtb/ra)

 

>> BACA JUGA

> SBY hari ini terima Presiden Kazakhstan

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Basilius Triharyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top