Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

TOKYO: MS&AD Insurance Group Holdings Inc, perusahaan asuransi casualty terbesar di Jepang, berencana membeli sebanyak 26% kepemilikan saham di Max New York Life Insurance Co.

 

Seorang sumber menyebutkan Mitsui Sumitomo Insurance Co, salah satu unit usaha MS&AD, akan membeli 16,63% saham dari New York Life Insurance Co dan 9,37% saham dari Max India Ltd, perusahaan jasa keuangan dari India. 

 

"Nilai pembelian saham diperkirakan mencapai 27 miliar rupee atau setara dengan US$531 juta," ujar seorang sumber yang mengetahui transaksi tersebut.

 

MS&AD merupakan gabungan antara Mitsui Sumitomo Insurance, Aioi Insurance Co dan Nissay Dowa General Insurance Co pada 2010.

 

Perusahaan asuransi hasil merger ini berekspansi dengan membidik segmen pasar asuransi di luar Jepang dan mengurangi bisnis di dalam negeri seiring dengan perekonomian yang stagnan dan penurunan jumlah populasi.

 

Perseroan menargetkan perolehan laba sebesar 30 miliar yen untuk bisnis asuransi global tersebut pada tahun ini dibandingkan dengan realisasi laba tahun lalu 12 miliar yen.

 

"MS&AD menginginkan ekspansi bisnis asuransi jiwa di Asia. Jadi, transaksi tersebut tidaklah mengejutkan," ujar analis Standard & Poor's cabang Tokyo  Ayako Nakajima.

 

Menurut Ayako, India adalah pasar yang sedang berkembang dengan potensi pertumbuhan tetapi pasar asuransinya tidak sedewasa Jepang.

 

Perseroan patut mencermati risiko yang mungkin tidak ditemui pada pasar asuransi Jepang.

 

Max New York Life membukukan kenaikan pendapatan sebesar 8% menjadi 44,7 miliar rupee selama 9 bulan yang berakhir pada 31 Desember 2011.

 

Aset kelolaan bertumbuh 18% menjadi 153,57 miliar rupee hingga akhir tahun lalu. (Bloomberg/edw/ea)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswires

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper