BISNIS ASURANSI: MS&AD incar Max New York Life

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 13 April 2012  |  15:48 WIB

 

TOKYO: MS&AD Insurance Group Holdings Inc, perusahaan asuransi casualty terbesar di Jepang, berencana membeli sebanyak 26% kepemilikan saham di Max New York Life Insurance Co.

 

Seorang sumber menyebutkan Mitsui Sumitomo Insurance Co, salah satu unit usaha MS&AD, akan membeli 16,63% saham dari New York Life Insurance Co dan 9,37% saham dari Max India Ltd, perusahaan jasa keuangan dari India. 

 

"Nilai pembelian saham diperkirakan mencapai 27 miliar rupee atau setara dengan US$531 juta," ujar seorang sumber yang mengetahui transaksi tersebut.

 

MS&AD merupakan gabungan antara Mitsui Sumitomo Insurance, Aioi Insurance Co dan Nissay Dowa General Insurance Co pada 2010.

 

Perusahaan asuransi hasil merger ini berekspansi dengan membidik segmen pasar asuransi di luar Jepang dan mengurangi bisnis di dalam negeri seiring dengan perekonomian yang stagnan dan penurunan jumlah populasi.

 

Perseroan menargetkan perolehan laba sebesar 30 miliar yen untuk bisnis asuransi global tersebut pada tahun ini dibandingkan dengan realisasi laba tahun lalu 12 miliar yen.

 

"MS&AD menginginkan ekspansi bisnis asuransi jiwa di Asia. Jadi, transaksi tersebut tidaklah mengejutkan," ujar analis Standard & Poor's cabang Tokyo  Ayako Nakajima.

 

Menurut Ayako, India adalah pasar yang sedang berkembang dengan potensi pertumbuhan tetapi pasar asuransinya tidak sedewasa Jepang.

 

Perseroan patut mencermati risiko yang mungkin tidak ditemui pada pasar asuransi Jepang.

 

Max New York Life membukukan kenaikan pendapatan sebesar 8% menjadi 44,7 miliar rupee selama 9 bulan yang berakhir pada 31 Desember 2011.

 

Aset kelolaan bertumbuh 18% menjadi 153,57 miliar rupee hingga akhir tahun lalu. (Bloomberg/edw/ea)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswires

Editor : Marissa Saraswati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top