IMPOR MINYAK: RI tak impor minyak Iran

 
News Editor | 13 April 2012 17:11 WIB

 

 

JAKARTA: Indonesia mengonfirmasi Amerika Serikat bahwa tidak mengimpor minyak dari Iran.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan AS telah menanyakan secara lisan terkait kemungkinan Indonesia mengimpor minyak dari Iran.

 

“Sudah ada kontak Pemerintah AS secara lisan. Kami sudah memberi keyakinan Indonesia tidak impor minyak dari Iran,” katanya, Jumat, 13 April 2012.

Seperti diketahui, Presiden AS Barack Obama juga telah mengirimkan surat ke China, India, dan Korea Selatan, yang isinya adalah negara-negara itu bisa menghindari sanksi baru AS dengan membatasi impor minyak dari Iran pada akhir Juni.

 

Menlu AS Hillary Clinton telah mengumumkan bahwa Jepang dan 10 negara Uni Eropa secara signifikan telah mengurani pembelian minyak mentah dari Iran.

 

Dia memuji langkah Uni Eropa dan Jepang karena mereka adalah negara-negara di peringkat kedua dalam daftar importir minyak mentah Iran.

 

Clinto mengakui tidak mudah untuk mengurangi impor minyak mentah dari Iran. “Mereka harus memikirkan cara memenuhi kebutuhan energinya,” jelasnya.

 

Uni Eropa saat ini juga bergerak ke arah melakukan embargo terhadap minyak mentah yang berasal dari Iran

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad pada Selasa mengatakan Iran mampu bertahan hingga tiga tahun tanpa menjual minyak apapun.

 

“Kami memiliki mata uang asing cukup sehingga jika satu barel pun minyak tidak dijual untuk 2  atau bahkan 3 tahun, negara ini akan dikelola dengan baik dan musuh tidak akan melihat keinginan mereka,” katanya.(msb)

Sumber : Raydion Subiantoro

Tag :
Editor : Novita Sari Simamora

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top