Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LINGKUNGAN HIDUP: Walhi dorong Parpol berwawasan lingkungan

 

 

 

BALIKPAPAN: Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mendorong percepatan pembentukan partai politik baru yang berwawasan lingkungan sehingga bisa memperkuat posisi tawar terhadap kebijakan pemerintah mengenai lingkungan yang sering terpinggirkan.

 

Direktur Eksekutif Nasional Walhi Berry Nahdian Furqan mengatakan panitia percepatan pembentukan partai ini bertugas untuk mempersiapkan langkah-langkah yang mengarah pada deklarasi partai yang disebut sebagai Partai Hijau. Dia mengatakan Walhi telah memiliki sayap organisasi bernama Sarekat Hijau Indonesia yang menjadi embrio partai tersebut.

 

“Memang nantinya Walhi tidak akan terlibat dalam kepengurusan partai. Walhi hanya membantu mendorong pembentukannya saja,” ujarnya, Jumat, 13 April 2012.

 

Dia menambahkan sebenarnya konsep ini sudah diusung sejak lama untuk menjembatani kepentingan para aktivis lingkungan dalam pembuatan regulasi pemerintah.

 

Berry berujar sebelumnya ada tiga opsi yang ingin dilakukan oleh aktivis lingkungan dalam memberikan bargaining politik saat penyusunan regulasi terkait lingkungan yakni menjadi anggota partai yang sudah ada, menginfiltrasi partai melalui pemimpinnya dan membentuk partai baru.

 

“Karena yang dua tidak mampu memperkuat bargaining, salah satu caranya ya melalui pembentukan partai baru,” katanya.

 

Dia berharap deklarasi partai tersebut bisa dilakukan pada 2012 yang kemudian diikuti dengan penataan dan pengembangan partai. Adanya deklarasi ini akan membantu memperkuat eksistensi partai di Indonesia.

 

Berry mengungkapkan partai yang akan dideklarasikannya ini tidak akan bersaing dalam jumlah masa dengan partai yang sudah ada saat ini. Namun, partai ini akan lebih mengedepankan strategi untuk memperkuat posisi partai dalam pengambilan keputusan.

 

“Seperti di Jerman dan Australia. Meskipun jumlah anggotanya di parlemen sedikit, Partai Hijau di sana bisa mempengaruhi keputusan tentang regulasi,” tukasnya.

 

Berry berpendapat adanya partai ini akan memberikan pilihan bagi masyarakat dalam berpolitik. Selain itu, ada wadah politik bagi para aktivis lingkungan untuk memberikan pengaruh terhadap kebijakan pemerintah terkait lingkungan. (msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Rachmad Subiyanto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper