Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UJIAN NASIONAL: SMA se-Bandung Deklarasikan anti nyontek

 

 

BANDUNG: Hari ini, ratusan siswa SMA di Kota Bandung, melakukan deklarasi Mantap Gan alias mandiri terpercaya gerakan anti nyontek nasional di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Jalan Perintis Kemerdekaan, Bandung.
 
Ratusan siswa tersebut berasal dari SMK 2, SMAN 3, 5, 15, 25, 20 22, dan MAN 2. Menurut Kordinator Mantap Gan Fadly Ahmad, deklarasi ini dilatarbelakangi maraknya praktek menyontek di sekolah-sekolah yang tersebar lewat sms maupun kunci jawaban.
 
"Di tengah adanya perbuatan tak jujur itu, itu ancam integritas pemuda. Jangan hanya benci koruptor tetapi kita sendiri tidak jujur dengan mencontek," kata Fadly yang juga siswa SMAN 5 Bandung.
 
Karena itulah, jelang UN tahun ini Mantap Gan kembali melakukan deklarasi. Gerakan ini sendiri sudah dimulai sejak tiga tahun lalu.
 
Deklarasi tersebut bertujuan untuk mengajak berbuat jujur kepada para siswa saat menghadapi ujian, khususnya Ujian Nasional (UN). Selain deklarasi anti nyontek, para siswa juga melakukan doa bersama menjelang UN.
 
"Kita sepakat Mantap Gan intinya propaganda kejujuran kepada siswa," katanya. 
 
Dia berharap, lewat erakan tersebut UN menjadi betul-betul sebagai ajang uji kemampuan para siswa. Mantap Gan juga diharapkan bisa menghilangkan peredaran kunci jawaban saat UN.
 
"Biasannya tiap UN di tiap sekolah kan ada koordinator yang bagi-bagi kunci. Melihat itu kita nggak bisa diam," ujarnya. 
 
Sebagai ciri dari Mantap Gan, saat pelaksanaan UN nanti para siswa yang setuju gerakan ini akan mengenakan pita biru yang ditempelkan di badge seragam sekolah sebelah kanan. "Intinya kita peduli kepada kejujuran," kata Fadly. (sut)
 
>> BACA JUGA:
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Wisnu Wage Pamungkas

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper