Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

BATAM: Kemauan politik Pemerintah dinilai mantan Ketua Otorita Batam periode 1976-1978 JB Sumarlin sangat penting menentukan arah pengembangan kawasan FTZ (free trade zone) Batam kedepannya.
 
Saat ini ia menilai meski Kota Batam sudah lebih maju namun belum mencapai cita-cita awal Pulau Batam menjadi Kota Hi-Tech.
 
"Yang penting adalah kemauan politik Pemerintah yang konkret dan didukung Pemerintah Daerah untuk memajukan FTZ Batam,"  ujarnya.
 
Menurutnya, saat ini masih ada kecenderungan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang terkadang belum sinergis.
 
Sumarlin juga menyeoroti  belum adanya  sinergi yang kuat antara Pemerintah Kota Batam dan BP Batam padahal untuk mendukung fasilitas industri dibutuhkan sinergi kedua instansi itu.
 
"Saya melihat belum ada sinergi antara pemkot dan BP Batam," tambahnya.
 
Untuk mengembangkan Batam yang saat ini lahannya semakin menipis,   Batam harus dikembangkan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di Singapura. Jika Kota Batam ingin bersaing dengan Singapura tidak kuat karena kemajuan teknologi.
 
"Harus saling mengisi, kalau bersaing tidak kuat kita, jadi saling mengisi. Nanti pulau-pulau yang lain bisa berkembang, kemajuan teknologi Singapura harus dimanfaatkan untuk pulau-pulau hinterland," tambahnya. 
 
Ia menambahkan pemerintah juga harus membangun infrastruktur primer di Kota Batam. Tetapi jika pemerintah tidak mampu membiayai proyek infrastruktur, harus ada partisipasi dengan pihak swasta.
 
"Infrastruktur pokok harus dibangun, yang penting ada sinergi, dan juga harus ada partisipasi dengan swasta, kita bisa memanfaatkan dunia usaha. Ini butuh komitmen yang jelas," sambungnya. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Chandra Gunawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper