PELINDO I revitalisasi Pelabuhan Pangkalan Susu

 
Andi Suhendri Rambe | 12 April 2012 16:55 WIB

 

MEDAN: PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I   akan merevitalisasi Pelabuhan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumut, sehingga dapat dijadikan pelabuhan umum.
 
Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Pelindo I Bambang Eka Cahyana  membenarkan selama ini Pelabuhan Pangkalan Susu digunakan secara terbatas untuk angkutan bahan bakar minyak (BBM) Pertamina.
 
“Di Pangkalan Susu ada dermaga yang menjadi aset Pertamina. Sedangkan akses menuju pelabuhan tersebut perlu mendapatkan pembenahan. Pelindo I dapat terlibat untuk mengoperasikan pelabuhan tersebut menjadi pelabuhan umum,” ujarnya kepada Bisnis hari ini.
 
Menurut dia, untuk mengaktifkan Pelabuhan Pangkalan Susu tersebut pekan lalu sudah dilakukan  penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara PT Pelindo I ,  Pemerintah Kabupaten Langkat, dan Pertamina terkait pengoperasian Terminal Khusus Pangkalan Susu Dermaga Eks Japex PT Pertamina.
 
MoU tersebut dilakukan Pelindo I Medan,  Pemkab Langkat dan Pertamina meliputi  kesepakatan dalam rangka sinergi antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengoptimalkan kompetensi dan potensi sumber daya dalam rangka meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan di Kabupaten Langkat. 
 
“Nota kesepahaman ini dibuat dalam rangka pemantapan persiapan rencana pengoperasian Terminal Khusus Pangkalan Susu dermaga eks  Japex PT Pertamina untuk dapat melayani kepentingan umum,” tuturnya.
 
Bambang menambahkan bentuk sinergisitas ini sangat efisien. Hal ini, lanjut dia, karena  Pertamina memiliki aset dan lahan, Pelindo I dengan investasi peralatan, operasional dan perawatan  aset, sementara itu Pemkab Langkat sebagai pemerintah daerah yang bertanggung jawab atas pembangunan  infrastruktur.
 
Direktur Perencanaan PT Pelindo I Iman AS menambahkan, tidak banyak investasi yang harus dikeluarkan Pelindo I untuk merevitalisasi Pelabuhan Pangkalan Susu. “Tidak sampai puluhan miliaran rupiah. Namun dampak ekonominya terhadap daerah itu relatif besar,” tuturnya.
 
Bupati Kabupaten Langkat Ngongesa Sitepu berharap agar kerja sama ini terealisasi  dalam pengoperasian terminal khusus Pangkalan Susu untuk kepentingan umum.  (sut)

 

Tag :
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top