Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengiriman PERSONAL COMPUTER di dunia meningkat

JAKARTA: Jumlah pengiriman personal computer (PC) di dunia pada kuartal I 2012 meningkat melebihi ekspektasi dua perusahaan penelitian, Gartner Inc dan IDC.Gartner Inc menyatakan terdapat 89 juta PC dikapalkan dalam 3 bulan pertama tahun ini, meningkat

JAKARTA: Jumlah pengiriman personal computer (PC) di dunia pada kuartal I 2012 meningkat melebihi ekspektasi dua perusahaan penelitian, Gartner Inc dan IDC.Gartner Inc menyatakan terdapat 89 juta PC dikapalkan dalam 3 bulan pertama tahun ini, meningkat 1,9% dari periode sama tahun sebelumnya. Kenaikan itu di atas ekspektasi Gartner yang sebesar 1,2%.Perusahaan penelitian lain, IDC, mengumumkan pengiriman naik 2,3%, di atas ekspektasi penurunan 0,9%. Dua laporan itu memang mengalahkan ekspektasi, tetapi menegaskan bahwa industri PC dalam keadaan yang terus berubah.PC telah bergerak maju ke arah komputer tablet seperti iPad yang marak di Amerika Serikat dan negara industri lain. Namun, Gartner menemukan bahwa PC juga jatuh jauh dari ekspektasi di pasar lain di dunia, termasuk China dan India. Kepemilikan komputer di dua negara itu rendah.Gartner menilai pengiriman di kuartal I memperingatkan industri pembuat PC agar tidak bergantung pada pertumbuhan di wilayah-wilayah ini.Vendor PC biasanya melihat tenangnya penjualan selama kuartal I setelah musim liburan. Tapi, riset Gartner mengungkapkan pengiriman di periode itu lebih buruk dari biasanya karena konsumer dan beberapa bisnis tidak memilih perangkat yang lebih ramping dan lebih kecil. Di sisi lain, industri PC menghadapi kekurangan hard drive.Gartner mencatat pengiriman PC di Amerika Serikat turun 3,5%, lebih baik dibandingkan prediksi penurunan 6,1%. Pengiriman ke Asia meningkat 2%, terbebani lemahnya permintaan dari India dan China.Pengiriman ke Amerika Latin turun 3,2%. Pengiriman ke Jepang naik 11,5%, sedangkan ke Eropa dan kawasan Timur Tengah meningkat 6,7%. IDC menemukan tren global serupa, tetapi sedikit lebih optimis pada masa depan industri.Loren Loverde, vice president of worldwide consumer device trackers IDC, mengatakan sejarah menunjukkan bahwa melambatnya pertumbuhan bakal diikuti pemulihan. Sebab, peningkatan teknologi pada perangkat akan menarik perhatian banyak orang dan mengganti perangkat lamanya ke perangkat baru."Karena itu, kami memprediksi pengiriman PC meningkat secara signifikan pada kuartal IV," katanya seperti dikutip AP.Menurut Gartner dan IDC, Hewlett-Packard Co dan Lenovo Group Ltd menonjol dalam kuartal I 2012. Gartner menemukan Hewlett-Packard memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar, menyumbang pengiriman 17,2% terhadap total pengiriman di dunia.Posisi kedua ditempati Lenovo dengan peningkatan pengiriman 28,1% dan pangsa pasar 13,1%. Posisi berikutnya ditempati Dell Inc, Acer Group, dan AsusTek Computer Inc. (ra)

 

>> BACA ARTIKEL LAINNYA:

+ BNI roadshow ke sejumlah negara 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper