GEMPA ACEH: Pemerintah siapkan bantuan logistik Rp2,5 miliar

 
Adhitya Noviardi
Adhitya Noviardi - Bisnis.com 12 April 2012  |  15:34 WIB

 

JAKARTA: Pemerintah menganggarkan dana sekitar Rp2,5 miliar untuk membantu korban bencana alam, berupa barang-barang kebutuhan pokok, pembangunan tenda, dapur umum, dan lainnya.
 
"Hingga sekarang Kementerian Sosial sudah mengirimkan berbagai macam barang untuk membantu korban bencana alam Gempa Aceh, dengan total nilia Rp1 miliar," kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri siang ini di kantornya.
 
Menurut dia, Kemensos langsung melakukan berbagai langkah antisipasi, dan koordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait, serta seluruh dinas sosial provinsi, dan kabupaten/kota yang berdampak bencana.
 
Dia menuturkan dampak bencana gempa berkekuatan 8,5 SR yang terjadi kemarin, Rabu 11 April 20122, pukul 15.38 WIB di Simeuleu itu, dirasakan di lima provinsi. Yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Lampung.
 
Pasca terjadinya gempa yang kini kondisinya berangsur membaik, kata Mensos, kementeriannya menyerahkan penanganan bencana ke pemda setempat. Perkembangan terakhir yang dipantau Kemensos di lima titik bencana di wilayah Aceh dan Sumatera, hanya ada satu korban jiwa meninggal dunia, karena syok dan terkena serangan  jantung.
 
Menurut Mensos, dengan alasan melihat kondisi yang makin kondusif, maka penanganan bencana diserahkan ke pemda setempat dan tidak perlu ditangani pemerintah pusat. 
 
"Kondisi gempa sekarang memang beda dengan kejadian gempa dan tsunami pada 2004. Saat kejadian keadaan penduduk mengalami syok berat. Jadi sekarang penanganannya tinggal pemulihan  trauma. Untuk pemulihan kondisi kejiwaannya, ada banyak pekerja sosial yang akan membantu," ungkapnya.
 
Kondisi terakhir gempa, lanjutnya, dua titik yang dekat dengan lokasi gempa yaitu Simeuleu dan Meulaboh  Provinsi Aceh. Bangunan rumah dan fasilitas tidak banyak mengalami kerusakan berat. Beberapa Luka ringan dan hanya ada satu orang  luka berat. 
 
"Taruna Siaga Bencana atau Tagana sudah kami kerahkan. Di Aceh ada 1.103 orang, Sumut 800 orang, Sumbar 1.200 orang, Bengkulu 425 orang, dan Lampung 630 orang," ujarnya. 
 
Menurut dia, buffer stock atau persediaan barang, sudah pula dikirim ke daerah bencana. Tiap kabupaten sudah memiliki buffer stock seperti beras, sandang, pangan, dan lainnya. (sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top