FRIDAY THE 13TH: Jatuh pada minggu kedua April, tetapi itu cuma tahyul

 
News Editor | 11 April 2012 12:36 WIB

 

JAKARTA: Hari Jumat minggu kedua April ini jatuh pada tanggal 13 atau Friday the 13th yang seringkali diidentikkan dengan kesialan.

 

Namun, menurut Thomas Gilovich dari Department of Psychology at Cornell University Amerika, fenomena yang disebut friggatriskaidekaphobia itu hanya akan terjadi jika seseorang mengasosiasikan hari itu dengan hal-hal atau kejadian buruk dalam hidup mereka.

 

Friggatriskaidekaphobia adalah sebuah takhayul umum tentang hari sial yang telah ada berabad-abad lamanya berkembang dalam budaya barat.

 

"Jika sesuatu yang buruk terjadi pada Jumat tanggal 13 dan Anda mempercayainya maka hal itu akan terpatri dalam pikiran Anda karena pikiran adalah sebuah sistem asosiatif ," kata Gilovich seperti dilansir Association for Psychological Science.

 

Gilovich menyatakan tidak ada bukti atau validitas apapun akan takhayul dan kesialan pada Jumat tanggal 13.

 

"Banyak orang memegang sejumlah keyakinan tanpa memahami latarbelakang atau dari mana keyakinan itu datang," kata Gilovich.

 

Tahyul serupa juga dicontohkan Gilovich terjadi di kalangan arsitek dan desainer interior yang tidak melabeli sebuah gedung atau bangunan dengan lantai ke-13.  (Antara/ea) 

Sumber : Newswires

Tag :
Editor : Marissa Saraswati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top