Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UANG ELEKTRONIK: M-Wallet masih melempem

JAKARTA: Layanan mobile wallet (m-wallet) dari operator seluler ternyata tak kunjung populer dengan jumlah pengguna yang belum signifikan meski penggunaan peranti mobile kian marak di kalangan masyarakat di Tanah Air.Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel)

JAKARTA: Layanan mobile wallet (m-wallet) dari operator seluler ternyata tak kunjung populer dengan jumlah pengguna yang belum signifikan meski penggunaan peranti mobile kian marak di kalangan masyarakat di Tanah Air.Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) memperkirakan jumlah pengguna layanan m-wallet baru mencapai 1,8% dari total pengguna seluler, atau 4 juta dari 220 juta pengguna seluler."Untuk captive market layanan m-wallet sebesar 160 juta pengguna. Angka tersebut didapat dari 220 juta pengguna seluler dikurangi dengan jumlah pemilik rekening bank sebanyak 60 juta pengguna," kata praktisi telematika Mastel Teguh Prasetya di Jakarta, Senin.Menurutnya, diperlukan waktu beberapa tahun lagi untuk melakukan edukasi pasar mengenai layanan ini."Butuh waktu lama untuk mengenalkan layanan ini kepada konsumen. Pasalnya, konsumen di Indonesia belum terbiasa pada layanan m-wallet," katanya.Teguh mengatakan operator harus menyiapkan ekosistem layanan m-wallet dan sebagian besar masyarakat di Indonesia masih melakukan transaksi secara konvensional.Operator yang memiliki layanan m-wallet harus gencar melakukan promosi dan melakukan banyak terobosan supaya dapat diterima pasar, sebab pengguna akan memilih layanan pembayaran yang menguntungkan dengan penawaran menarik."Untuk mendukung ekosistem, operator harus melakukan beberapa hal. Misalnya, menambah jumlah merchant sebagai tempat pelanggan seluler berbelanja dengan m-wallet, mempermudah sarana tempat menyimpan deposit uang, dan menawarkan nilai tambah dari pembayaran m-wallet," katanya. (Antara/arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Aprika R. Hernanda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper