Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

SURABAYA:  Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya berpindah lokasi dari lokasi lama di jalan Dr. Soetomo beralih ke lokasi baru di wilayah Surabaya Barat tepatnya  Jl. Citra Raya Niaga No.2 dan akan beroperasi secara resmi pada Senin, 9 April 2012.
 
Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya Kristen F. Bauer mengatakan kantor lama (Dr Soetomo) telah beroperasi sejak 1950.
 
"Artinya telah beroperasi 62 tahun, dan besok [Senin, 9/4] kantor Konsulat AS di Surabaa  secara resmi akan berpindah di kawasan Citraland," kata Kristen seperti dikutip dari Siaran Pers Humas Konjend AS Surabaya yang diterima redaksi Bisnis hari ini.
 
Dia menjelaskan bangunan kantor konsulat baru ini dibangun beberapa tahun lalu dan ruangan fungsionalnya berkali-kali lipat dari lokasi sebelumnya.
 
“Konsulat baru  jauh lebih besar ini sebagai bukti bahwa Kemitraan Komprehensif antara kedua negara akan berlanjut secara lebih mendalam dan terus tumbuh hingga generasi mendatang,” tegasnya.
 
Fasilitas baru, kata dia, yang ada di kantor baru akan menyediakan ruang yang lebih nyaman bagi para pemohon visa, ruang penerimaan untuk acara-acara spesial dan Pusat Sumber Daya Informasi atau Information Resource Center yang terbuka bagi semua orang saat jam kerja resmi.
 
Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, Perwakilan Amerika hadir di Surabaya pada 1866 saat Konsuler Agensi didirikan. Pada 1918 berubah menjadi Konsulat dan 1990 berubah sepenuhnya menjadi Konsulat Jenderal.
 
Wilayaj tanggung jawab Konsulat Amerika Serikat adalah Jawa Timur, semua propinsi di Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan sejumlah propinsi di Maluku. 
 
Kristen menerangkan gedung baru ini merefleksikan komitmen dan hubungan yang terus berkembang antara Indonesia dan Amerika Serikat sebagai bagian dari Kemitraan Komprehensif yang ditandatangani Presiden Yudhoyono dan Presiden Obama pada 2010. 
 
"Fasilitas di kantor baru ini juga akan memfasilitasi pertambahan jumlah dan jangkauan berbagai program dalam masyarakat dan berbagai wilayah." (sut) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Yuristiarso Hidayat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper