Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGALIHAN ISU: Ada upaya lindungi bandar narkoba di LP

JAKARTA: Saat ini ada upaya untuk melindungi para bandar narkoba dengan cara mengalihkan isu-isu peredaran narkoba di lembaga pemasyarakatan (LP).Dengan maraknya peredaran narkoba di LP, khususnya di LP Pekanbaru, Indonesia Police Watch (IPW) mendesak

JAKARTA: Saat ini ada upaya untuk melindungi para bandar narkoba dengan cara mengalihkan isu-isu peredaran narkoba di lembaga pemasyarakatan (LP).Dengan maraknya peredaran narkoba di LP, khususnya di LP Pekanbaru, Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Kalapas Pekanbaru, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Riau, serta Dirjen Pemasyarakatan segera dicopot dari jabatannya.Neta S. Pane, Ketua Presidium IPW, mengatakan ada dua alasan kenapa ketiga pejabat itu harus dicopot."Pertama, ketiganya tidak mendukung program Presiden SBY dalam pemberantasan narkoba di mana dalam program itu dinyatakan bahwa pada 2015 Indonesia bebas narkoba," ujarnya dalam keterangan persnya, Minggu (8/4).Kedua, lanjutnya, sebagai pemangku jabatan,  mereka tidak responsif sehingga melakukan pembiaran terhadap peredaran narkoba di LP. Aksi pembiaran ini harus diusut secara pidana oleh Polri, untuk diketahui sejauh mana keterlibatan para pejabat itu.Menurut Neta, untuk menghentikan LP menjadi sarang narkoba, ada lima hal yang harus dilakukan. Pertama, adakan rotasi rutin setiap 3 bulan untuk memindahkan para bandar narkoba ke lain LP agar mereka tidak menjadi raja kecil dan menjadi ATM oknum tertentu di LP.Kedua, tuturnya, di setiap LP ditempatkan pengacak sinyal agar para bandar tidak bisa menggunakan HP, Skype dan Internet untuk menjalankan bisnis narkobanya.Ketiga, jelas Neta, adakan operasi penggerebekan rutin setiap bulan. Keempat, copot Kalapas yang di LP-nya ada peredaran narkoba dan hukum seberat-beratnya sipir yang berkolusi dengan bandar narkoba."Kelima, segera eksekusi napi narkoba yang sudah divonis mati agar ada efek jera bagi bandar lainnya," paparnya.Tanpa lima hal ini dilakukan, IPW tidak yakin narkoba bisa diberantas dari LP. Sebab banyak bandar narkoba di LP menjadi ATM pihak tertentu.  (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper