MAZDA CX-5: Dirilis Juni, diklaim hemat BBM 15%

HIROSHIMA—Mobil anyar Mazda CX-5 dengan kapasitas mesin 2000 cc, yang menurut rencana akan di luncurkan di Indonesia sebelum akhir semester I tahun ini, diklaim memiliki sistem kompresi bahan bakar 1:13 atau diklaim lebih baik dari pada generasi
News Editor
News Editor - Bisnis.com 07 April 2012  |  06:31 WIB

HIROSHIMA—Mobil anyar Mazda CX-5 dengan kapasitas mesin 2000 cc, yang menurut rencana akan di luncurkan di Indonesia sebelum akhir semester I tahun ini, diklaim memiliki sistem kompresi bahan bakar 1:13 atau diklaim lebih baik dari pada generasi pendahulunya.

 

Dengan performa kompresi mesin tersebut, mobil dengan teknologi Skyactive itu mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga 15%.

 

“Teknologi Skyactive Mazda CX-5 yang akan masuk Indonesia diperkirakan memengaruhi konsumsi premium menjadi satu liter per lima belas kilo meter,” kata Hideyuki Saito, ASEAN Public Relation Manajer Mazda Motor Corporation.

 

Mazda diketahui sedang menyiapkan pasar barunya di Indonesia dalam waktu dekat. Rencana ini dipicu prospek penjualan kendaraan kelas SUV yang cukup bersaing di Indonesia.

 

Teknologi Skyactive yang dimiliki perusahaan tidak saja dapat mengefektifkan penggunaan bahan bakar hingga 15%,  tetapi juga mampu mengurangi beban putaran mesin hingga mencapai 15% dari kondisi sebelumnya.

 

Dari sisi target penjualan produk baru tersebut diharapkan mampu mendongkrak total penjualan global mazda hingga 120.000 unit.

 

“Khusus Indonesia target penjualan kami sekitar 12.000 unit pada tahun ini [dari sebelumnya sekitar 9.000 unit] untuk semua kelas. Sebagian besar kenaikannya diharapkan disumbang oleh Mazda CX-5,” kata Yuji Nakamine, Direktur and Senior Managing Executive Officer Oversight of Global Marketing, Sales, and Customer Service Mazda Motor Corporation.

 

Mengenai harga yang dipatok untuk mobil anyar itu, Nakamine belum dapat menjelaskan secara rinci. Menurutnya, tim perusahaan masih menghitung beberapa faktor yang memengaruhi rencana perusahaan masuk ke Indonesia.

 

“Yang pasti akan cukup bersaing dengan kompetitor untuk kelas yang sama,” katanya.

 

Menurut data Bisnis Indonesia, di AS Mazda CX-5 yang merupakan salah satu dari tiga model baru yang akan masuk ke Indonesia, dilepas mulai dari US$20.695 per unit setara Rp190 juta.

 

Produk yang akan masuk ke Indonesia lanjut Saito, khususnya untuk adalah mobil bertransmisi otomotis dengan kapasitas 2.000 cc.

 

Mobil ini memiliki spesifikasi yang agak berbeda dengan kendaraan sejenis yang dipasarkan di Jepang.

 

Di Negeri Matahari Terbit, kendaraan ini memiliki kompresi mesin hingga 1:14 dengan komposisi bahan bakar satu liter untuk 16 km-17,5 km. Sementara untuk mobil yang bermesin diesel, konsumsi bahan bakarnya 1:18 sampai 1:19. (Bsi)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Adhitya Noviardi/ JIBI/ Bisnis Indonesia

Editor : Puput Jumantirawan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top