Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERAYAAN PASKAH: MARI PANGESTU wisata religi ke Flores

 

 

JAKARTA: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu melakukan wisata religi merayakan Paskah di Larantuka, Flores dan kunjungi Danau Kelimutu.

 

"Saya bersama keluarga lewatkan libur paskah di Flores dan berharap masyarakat Indonesia mau menjadi wisatawan nusantara [wisnus] di negrinya sendiri," kata Mari, Jumat 6 April 2012.

 

Kemarin, ujarnya, dia sudah mengunjungi Danau Kelimutu yang menjadi ikon wisata di wilayah Flores ini dan membeli cindramata kain-kain tenun yang dapat  menjadi produk fashion menarik.

 

Selain berlibur bersama keluarga dia juga mengajak kerabat lainnya untuk membiasakan diri berwisata ke wilayah timur.

 

"Bulan April ini saya memang merencanakan perjalanan ke Maumere, Flores dan Ternate untuk mempromosikan daerah tujuan wisatanya sekaligus melihat langsung daerah-daerah yang menjadi tanggungjawab saya sebagai kordinator Koridor V Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3I)," jelas Mari.

 

Menurut dia, pengembangan wisata di wilayah Timur Indonesia memang terhambat oleh konektivitas akses udara karena itu perlu perhatian khusus dari pemerintah pusat dan daerah.

 

"Sedikitnya delapan bupati sudah bertemu untuk berkordinasi menjadikan Flores sebagai destinasi kapal-kapal pesiar asing [cruise] sehingga ke depan promosi wisata untuk cruise dapat ditingkatkan,” kata Mari.

 

Keberadaan wisnus berpengaruh baik bagi pariwisata dan industri ekonomi kreatif nusantara. Hal ini dibuktikan dengan data yang menunjukan jumlah perjalanan wisnus pada tahun 2011 mencapai 245 juta.

 

“Angka ini akan terus bertumbuh seiring peningkatan pendapatan masyarakat kelas menengah,” papar Mari.

 

Selain berpengaruh positif terhadap negara, keberadaan wisnus juga menguntungkan industri yang bergerak di bidang pariwisata.

 

Jaringan hotel Accor yang merupakan salah satu hotel besar di Indonesia, misalnya,  telah  membangun 50 hotel dan akan membangun 50 hotel lagi.

 

"Ketika saya tanya besaran pertumbuhan tamu hotel, pihak mereka menjawab bahwa tamu hotel didominasi wisnus sebanyak 60%,” jelas Mari.

 

Wisatawan lokal merupakan pasar yang sangat potensial bagi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

 

Menyadari hal ini, Kemenparekraf, dalam Rencana Strategisnya mengajukan usulan untuk  menyelenggarakan paket-paket wisata murah bagi wisnus.

 

“Pihak kami sudah mengajukan usulan mengenai paket wisata bagi wisnus dalam Renstra yang diajukan kepada DPR,” jelasnya.

 

Momentum yang tepat untuk mengadakan paket wisata murah bagi wisnus ini adalah saat liburan sekolah. (ea)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : nurul

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper