DUNIA BINATANG: Gigitan T-rex tak sekuat buaya raksasa

JAKARTA: Buaya raksasa ternyata punya kekuatan gigit hingga 11,5 ton  atau  dua kali lebih kuat dibandingkan dengan Tryrannosaurusrex.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 05 April 2012  |  01:48 WIB

JAKARTA: Buaya raksasa ternyata punya kekuatan gigit hingga 11,5 ton  atau  dua kali lebih kuat dibandingkan dengan Tryrannosaurusrex.

 

Hal itu terungkap dari hasil temuan para peneliti dari Stony Brook University School of Medicine, New York, Florida State University, Amerika, dan peneliti dari Australia."Buaya dan aligator adalah reptil pemburu terbesar yang masih hidup sampai saat ini, dan penelitian kami menggambarkan salah satu kunci kelangsungan mereka," kata Paul M. Gignac dari Stony Brook University School of Medicine dalam situs resmi kampus itu.Penelitian yang dipimpin Gregory Erickson dari Florida State University itu mengukur kekuatan gigitan dan tekanan gigi 23 spesies buaya dari genus aligator, buaya, caiman, dan gharial.Di antara buaya yang diteliti, spesies buaya air asin berukuran 17 kaki (sekitar 5 meter) menempati posisi pertama sebagai reptil berkekuatan gigit terbesar yaitu 3.700 pon (1,85 ton).Dalam publikasi di jurnal PLoS One, para peneliti menulis hasil penelitian mereka menunjukkan kemampuan binatang dalam bertahan hidup dari masa lalu sekaligus memberi pemahaman tentang  evolusi yang membentuk kemampuan binatang. (Antara/arh)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top