EKONOMI ASEAN: Indonesia harus lebih berperan

JAKARTA: Pemerintah diharapkan meningkatkan peran aktifnya dalam menanggulangi isu-isu ekonomi regional di wilayah Asean.
Muhammad Fazrin
Muhammad Fazrin - Bisnis.com 03 April 2012  |  11:46 WIB

JAKARTA: Pemerintah diharapkan meningkatkan peran aktifnya dalam menanggulangi isu-isu ekonomi regional di wilayah Asean.

 

Menurut Head of Global Market Hong Kong Shanghai Banking Corporation (HSBC) Ali Setiawan, peran ini penting untuk menghadapi perlambatan ekonomi global.

 

"Indonesia dapat mengambil bagian penting dalam menangani berbagai isu di bidang ekonomi [di ASEAN]," ujarnya dalam seminar ekonomi bertajuk The Next Economic Jewel of Asia, Selasa 3 April 2012.

 

Menurutnya, perdagangan intra-regional akan menjadi lebih rentan dengan menurunnya permintaan dari negara-negara barat, yang menurunkan tingkat ekspor Indonesia.

 

Ancaman tersebut perlu diperhatikan karena sebenanrya kondisi makro ekonomi Indonesia sangat baik, menyusul diakuinya Indonesia sebagai negara favorit investasi oleh lembaga peringkat internasional yang telah menganugerahkan negara ini peringkat layak investasi.

 

HSBC juga berharap pemerintah Indonesia mempersiapkan langkah-langkah antisipatif terhadap gejolak harga minyak dunia serta melanjutkan program pembangunan infrastruktur. (ra)

 

>> BACA JUGA:- Aset Bank Muamalat Indonesia tumbuh 51%

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top