KOMODITAS TEMBAGA: Harga naik dalam 4 hari beruntun

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 03 April 2012  |  15:24 WIB

 

TOKYO: Harga tembaga naik dalam 4 hari terakhir ke level terkuatnya dalam 7 minggu setelah membaiknya data manufaktur China dan AS yang mendorong permintaan.
 
Harga tembaga penyerahan 3 bulan ke depan naik 0,7% menjadi US$8.702,75 per ton, harga tertinggi sejak 10 Februari di London Metal Exchange dan diperdagangkan pada US$8.673,75 pukul 14.06 waktu Tokyo. Komoditas untuk penyerahan Mei naik 0,4% pada US$3,9360 pound di Comex di New York.
 
"Penguatan tembaga mencerminkan baik data pertumbuhan positif selama 24 jam terakhir dari China dan AS, serta pertimbangan jangka panjang atas pertumbuhan struktural dan kendala di sisi penawaran yang tidak akan pergi," kata Gavin Wendt, pendiri dan analis senior Mine Life Pty di Sydney, seperti dikutip Bloomberg.
 
Data hari ini menunjukkan indeks manajer pembelian non-manufaktur China naik menjadi 58 pada Maret, terkuat dalam 6 bulan.
 
Adapun, data pada 1 April data Biro Statistik Nasional China menunjukkan indeks manajer pembelian menyentuh posisi tertinggi 1 tahun pada Maret.
 
Sementara itu, data Institute for Supply Management menunjukkan indeks pabrik naik pada Maret sejalan produksi di AS lebih tingg dalam 3 bulan. 
 
"Pasar terlihat mencoba untuk menguji batas atas dari kisaran saat ini antara US$8.300 dan US$8.700 per ton, dengan dukungan dari peningkatan manufaktur di China dan AS," kata Chae Un Soo, pedagang logam di Korea Exchange Bank Futures Co di Seoul.
 
Di tempat lain, Markit Economics menyebutkan indeks manufaktur wilayah euro turun menjadi 47,7 pada Maret dari 49, terkontraksi dalam 8 bulan terakhir. (sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Bloomberg / M.Taifukul Basari

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top