Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKSI KORPORASI: DBS CAPLOK DANAMON US$3,2 miliar

JAKARTA:  Bank terbesar di Asia Tenggara berbasis di Singapura DBS hari ini akan mengumumkan akuisisi senilai US$3,2 miliar, setara dengan 68% dari total 6,45 miliar saham Asia Financial di Bank Danamon.Pengumuman akuisisi yang juga akan menjadi

JAKARTA:  Bank terbesar di Asia Tenggara berbasis di Singapura DBS hari ini akan mengumumkan akuisisi senilai US$3,2 miliar, setara dengan 68% dari total 6,45 miliar saham Asia Financial di Bank Danamon.Pengumuman akuisisi yang juga akan menjadi kesepakatan besar pertama itu dilakukan oleh Chief Executive DBS Group Piyush Gupta bertempat di Hotel Ritz Carlton di bilangan Kuningan, Jakarta, pada pukul 10.00 hari ini, Senin, 2 April 2012. Seperti dikutip dari India Times, Gupta diketahui telah berada di Jakarta sejak akhir pekan lalu.Bank Danamon Indonesia didirikan pada 1956 dengan nama PT Bank Kopra Indonesia. Setelah 2 dekade berselang, nama bank  berubah menjadi Bank Danamon Indonesia dan menjadi bank pertama yang memelopori pertukaran mata uang asing dan mulai mencatatkan saham di bursa sejak 1989.Pada 1997, Danamon mengalami kesulitan likuiditas dan masuk dalam pengawasan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) sebagai bank yang diambil alih (BTO), direstrukturisasi hingga kemudian diambil konsorsium Asia Financial Indonesia pada pada 2003 senilai US$321 juta, setara dengan Rp 3,08 triliun.Konsorsium Asia Financial dikuasai oleh Temasek Holdings Ltd melalui anak usahanya Financial Holdings Pte Ltd, sedangkan Temasek memiliki 29% saham di DBS. Masuknya DBS menyingkirkan peminat lain, seperti Bank of China hingga Standard Chartered. (spr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tusrisep
Editor : Kahfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper