Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

DENPASAR: Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bali membukukan realisasi penghimpunan pajak sebesar Rp4,089 triliun pada 2011 dengan catatan sedikitnya 36,29% wajib pajak mangkir. 
 
Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Bali Zulfikar Thahar mengatakan realisasi penerimaan pajak di Bali pada 2011 mencapai 100,48% dari target sebesar Rp4,070 triliun pada 2011. 
 
"Pada capaan itu, kanwil pajak Bali memperoleh peringkat ke-9 dari total pencapaian penghimpunan pajak secara nasional," katanya hari ini.
 
Berdasarkan data DJP Bali, realisasi penerimaan pajak terdiri dari Pajak Penghasilan/PPh sebesar Rp2,604 triliun, Pajak Pertambahan Nilai/PPN sebesar Rp1,074 triliun. Selain itu, Pajak Bumi Bangunan/PBB mencapai Rp0,34 triliun serta pajak lainnya/PL sebesar Rp0,67 triliun.
 
Tercapainya target tahunan pengelolaan pajak di Bali, lanjutnya, seiring dengan meningkatnya tingkat kepatuhan wajib pajak (WP) di Bali yang sudah berada diatas nasional. Untuk angka nasional, direktorat jenderal pajak menetapkan kepatuhan sebanyak 62,5% sedangkan di Bali sudah mencapai 63,71%.
 
Saat sensus pajak terakhir pada 2010 tercatat jumlah wajib pajak di Bali mencapai 423.000. Saat ini, DJP akan menggenjot tingkat kepatuhan membayar paja dari masing-masing wajib pajak.
 
Pada capaian kinerja itu, katanya, Kanwil DJP Bali akan lebih memfokuskan pada upaya perbaikan administrasi dan pengawasan. Selain itu, penegakan hukum di bidang perpajakan dan penyempurnaan sistem piutang pajak secara online. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Matroji
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper