Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsep properti hijau makin dipahami

JAKARTA: Tren pengembangan hunian properti hijau (green property) di Indonesia semakin menguat setelah ditetapkanya empat proyek perumahan di Bandung dan Bodetabek yang mengantongi Green Property Award.Nirwono Joga, Wakil Ketua Pengurus Pusat Ikatan

JAKARTA: Tren pengembangan hunian properti hijau (green property) di Indonesia semakin menguat setelah ditetapkanya empat proyek perumahan di Bandung dan Bodetabek yang mengantongi Green Property Award.Nirwono Joga, Wakil Ketua Pengurus Pusat Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) yang juga tim juri Green Property Award Indonesia, mengatakan pemahaman pengembang mengenai konsep properti hijau semakin membaik."Belum ada yang berhasil menerapkan konsep 100% green property, tetapi empat perumahan ini patut diapresiasi karena sudah menerapkan sebagian dari konsep hunian ramah lingkungan," ujarnya hari ini.Empat perumahan yang mengantongi penghargaan hunian  ramah lingkungan itu adalah Kota Baru Parahyangan di Bandung yang menggarap Klaster Koridor Bandoeng Tempo Doeloe. Hunian yang dikembangkan PT Belaputera Intiland ini unggul dalam menerapkan desain dan bangunan hijau.Perumahan Emerald Residence di Bintaro Jaya yang digarap PT Jaya Real Property juga dinilai sudah menerapkan sebagian konsep hunian ramah lingkungan yaitu dalam aspek transportasi dan partisipasi warga.Proyek ketiga adalah perumahan Jade Residence di Summarecon Serpong yang digarap PT Summarecon Agung Tbk. Di lokasi perumahan ini, sampah dan air dikelola secara mandiri.Proyek terakhir adalah Pavilion Kost di kawasan Industri Jababeka, Bekasi yang digarap PT Kawasan Industri Jababeka. Klaster hunian ini mengantongi penghargaan karena sudah menyediakan infrastruktur hijau yang memadai.Nirwono Joga mengatakan ada delapan kriteria yang ditetapkan untuk menilai konsep hunian ramah lingkungan. Keempat hunian tersebut belum ada yang berhasil memenuhi semua kriteria itu."Masih ada kekurangan dan pemasalahan berbeda di setiap proyek, tetapi tetap harus diapresiasi untuk mendukung konsep properti ramah lingkungan ini," katanya.Penghargaan yang digelar Majalah Housing Estate ini diserahkan pada akhir pekan lalu. Peserta disaring dari 26 perumahaan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.Skala hunian bervariasi mulai dari perumahan berskala kota dengan luas lahan 500 hektare lebih, perumahan berskala besar  antara 100  ha hingga 500 ha, maupun skala kecil kurang dari 20 ha. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper