Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang SEA Games, BNPB Gelar Operasi Pemadaman Kebakaran Lahan

JAKARTA: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar operasi pemadaman kebakaran lahan dan hutan di wilayah Sumatra Selatan, guna mensukseskan pelaksanaan SEA Games XXVI.Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat data Informasi dan Humas BNPB mengatakan

JAKARTA: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar operasi pemadaman kebakaran lahan dan hutan di wilayah Sumatra Selatan, guna mensukseskan pelaksanaan SEA Games XXVI.Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat data Informasi dan Humas BNPB mengatakan operasi tersebut dilakukan selama 11 hari pada 11 November hingga 22 November 2011."Operasi di udara dilakukan hujan buatan dan pemboman air," ujarnya lewat pesan singkat kepada Bisnis, hari ini.Dia menjelaskan operasi tersebut menggunakan dua pesawat terbang CASA 212-200 versi rain making dioperasikan di Palembang untuk menjatuhkan hujan pada daerah-daerah yang memiliki titik api. Adapun untuk pemboman air (water bombing), BNPB mengerahkan 2 helicopter BO 105."Posko operasi di udara dipusatkan di Bandara Sultan Mahmud Baddarudin Palembang. Hujan buatan dan pemboman air dipadukan secara bersamaan guna memadamkan titik-titik api yang berada di bawah permukaan tanah," ujarnya.Untuk operasi di darat, jelasnya, dilakukan dengan pengerahan pasukan manggala agni, penyemprotan, pembuatan jalur sekat pemisah dan lainnya.Pemda Sumatra Selatan diminta untuk terus menerus melakukan sosialisasi dan pencegahan kepada masyarakat dan dunia usaha yang membakar saat pembukaan lahan pertanian dan perkebunan.Sutopo menambahkan ancaman bencana asap di Sumatra Selatan masih terus berlangsung. Titik api dan penurunan jarak pandang masih berlangsung dengan fluktuatif di beberapa daerah di Sumatra Selatan.Hal tersebut disebabkan pembukaan lahan dengan membakar menyebabkan gambut di bawah permukaan ikut terbakar. Akibatnya titik api sulit padam dan menimbulkan asap. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya
Sumber : Achmad Aris & Donald Banjarnahor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper