Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI Syariah masuki bisnis pembiayaan mikro tahun depan

JAKARTA: PT Bank Negara Indonesia Syariah segera melakukan penetrasi bisnis pembiayaan segmen mikro pada 2012, dengan proyek uji coba mulai November 2011.Imam T. Saptono, Direktur Bank Negara Indonesia Syariah (BNI Syariah), mengatakan perseroan akan

JAKARTA: PT Bank Negara Indonesia Syariah segera melakukan penetrasi bisnis pembiayaan segmen mikro pada 2012, dengan proyek uji coba mulai November 2011.Imam T. Saptono, Direktur Bank Negara Indonesia Syariah (BNI Syariah), mengatakan perseroan akan segera melaksanakan proyek uji coba (pilot project) dalam penetrasi pembiayaan mikro di area Bogor mulai November mendatang.“Pilot project ini akan kami lakukan pada 5 lokasi dengan mengandalkan pembukaan jaringan yang khusus melayani pinjaman mikro serta kantor cabang BNI Syariah yang sudah ada,” ujarnya hari ini.Pinjaman mikro ini, sambung dia, akan diperuntukan bagi sejumlah pedagang di pasar tradisional, pedagang warung kelontong di luar pasar serta usaha kecil lainnya.Pinjaman mikro ini memiliki plafon antara Rp500.000 hingga Rp500 juta serta tidak mengharuskan adanya jaminan pembiayaan.Namun,untuk menghindari risiko dalam pembiayaan, menurut Imam BNI Syariah mewajibkan usaha yang akan diberikan pinjaman telah berjalan minimal 1 tahun serta memiliki lokasi usaha yang tetap.“Logikanya pedagang kecil itu memiliki modal untuk bertahan hingga 3-4 bulan. Jadi kalau rugi terus selama 3-4 bulan maka dia akan bangkrut. Sehingga pedagang yang sudah bertahan minimal 1 tahun bisa dikatakan sudah memiliki pelanggan dan usahanya sudah berjalan baik,” ujarnya.Imam menjanjikan akan memberikan tingkat margin yang bersaing dalam pinjaman mikro ini. Selain itu, proses persetujuan pembiayaan yang cepat juga tawaran yang diberikan oleh anak usaha PT Bank Negara Indonesia Tbk ini dalam bersaing dengan perbankan syariah dan konvensional lainnya.“Sebenarnya mikro itu high risk dan high return, tapi kami akan berikan margin yang bersaing karena BNI Syariah memiliki struktur biaya dana yang cukup rendah. Sebagian besar dana pihak ketiga kami adalah casa [current account saving account / tabungan dan giro],” ujarnya.Uji coba pinjaman mikro ini, menurut Imam, akan dilaksanakan oleh 14 pegawai pada masing-masing cabang sehingga total staf yang dilibatkan mencapai 70 orang. “Karena pinjaman ini memiliki risiko tinggi maka staf kami melakukan monitoring yang ketat terhadap debitur,”Adapun target penyaluran pembiayaan mikro sebesar Rp1,5 miliar untuk tiap cabang pada masa uji coba 3 bulan.  “Sehingga pada lima jaringan paling tidak kami bisa menyalurkan Rp7,5 miliar hingga Rp10 miliar,” ujarnya.Setelah pilot project ini selesai dilaksanakan, menurut Imam, perseroan akan segera memperluas penetrasi bisnis pembiayaan mikro pada 60 kantor cabang yang tersebar di Jawa dan Sumatera mulai Januari 2012 mendatang.Bank syariah yang memisahkan usaha dengan induk pada tahun lalu ini, sebelumnya belum pernah menyalurkan pembiayaan mikro secara langsung. BNI syariah menyalurkan pembiayaan dengan sistem linkage channeling lewat lembaga keuangan mikro yang berbasis syariah. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya
Sumber : Donald Banjarnahor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper