Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Pemerintah berjanji akan menuntaskan sisa ganti rugi korban lumpur Lapindo di tiga desa dan sembilan RT yang belum masuk peta terdampak pada pada 2012.
 
Wakil Presiden Boediono menyampaikan janji itu saat mengunjungi korban luapan lumpur Lapindo di Kecamatan Porong Sidoarjo hari ini. 
 
"Tadi wapres bertemu delegasi dari tiga desa dan sembilan RT. Wapres menegaskan bahwa penyelesaian sisa ganti rugi untuk tiga desa tersebut akan dilakukan pada 2012. Selain itu, untuk sembilan RT yang berada di sisi barat tanggul juga disepakati untuk dimasukkan dalam area tidak layak huni, sehingga juga akan diberikan ganti rugi," ujar Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat sore ini.
 
Hingga kini, masih ada sembilan RT yang belum memperoleh ganti rugi karena tidak masuk peta terdampak. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono rencanana akan mengeluarkan peraturan presiden yang mencantumkan sembilan RT itu dalam peta terdampak.
 
Saat mengunjungi korban Lapindo, Wapres juga meminta Badan Penanggulangan Lumpur Sidorajo segera menyelesaikan jalan arteri Porong untuk mengganti jalan tol dan jalan arteri lama yang tidak memadai untuk menampung arus transportasi sebagai urat nadi Jawa Timur.
 
"Wapres menegaskan ini harus selesai tahun ini juga. Karena ini juga sumbatan yang membuat perekomian Jawa Timur mampet," ungkapnya.
 
Boediono juga menegaskan pentingnya pemerintah daerah untuk memulai penyusuan tata ruang daerah-daerah yang terkena dampak luapan lumpur. Lahan bekas luapan lumpur akan dimanfaatkan pemerintah untuk tujuan konservasi atau pelestarian lingkungan. (sut)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper